Jajaran personel Angkatan Laut AS dan TNI AL berfoto bersama di hari pertama latihan maritim gabungan CARAT 2021 di Surabaya, Jawa Timur. (Angkatan Laut AS)
Jajaran personel Angkatan Laut AS dan TNI AL berfoto bersama di hari pertama latihan maritim gabungan CARAT 2021 di Surabaya, Jawa Timur. (Angkatan Laut AS)

Populer Internasional: Latihan Militer Indonesia-AS Hingga Ketegangan Inggris dan Prancis

Fajar Nugraha • 02 November 2021 09:03
Jakarta: Personel militer Amerika Serikat (AS) dan Indonesia memulai latihan maritim gabungan Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) Indonesia, Senin, 1 November 2021, di Surabaya, Jawa Timur.
 
Latihan ini menjadi berita terpopuler Internasional Medcom. Diikuti dengan beberapa kabar lainnya yang menarik perhatian.
 
Salah satu kabar yang menarik adalah COP26 yang resmi dibuka dan tuan rumah Inggris optimistis atasi rintangan krisis iklim. Kemudian isu mengenai ketegangan Inggris dan Prancis juga masih menjadi perhatian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut selengkapnya mengenai berita terpopuler Internasional Medcom:

1. Indonesia-AS Gelar Latihan Maritim CARAT 2021, Apa Saja Kegiatannya?

Personel militer Amerika Serikat dan Indonesia memulai latihan maritim gabungan Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) Indonesia hari ini, Senin, 1 November 2021, di Surabaya, Jawa Timur.
 
Latihan militer gabungan selama 11 hari ini memusatkan pada spektrum penuh kemampuan angkatan laut serta menampilkan evolusi kooperatif yang menyoroti kemampuan Indonesia-AS dalam bekerja sama mencapai tujuan bersama guna memastikan keamanan kawasan maritim Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.
 
"Hubungan kuat dibangun atas dasar kepercayaan, dan dikembangkan melalui tindakan nyata serta diskursus konsisten dan bijaksana. Hubungan yang kuat ini adalah fondasi tempat keamanan, stabilitas, dan kemakmuran berkembang," kata Captain Tom Ogden, komodor AL Destroyer Squadron (DESRON) 7.
 
Seperti apa latihan yang akan dilakukan? Simak di sini.


2. COP26 Dibuka, Tuan Rumah Optimistis Atasi Rintangan Krisis Iklim

Konferensi Tingkat Tingkat Tinggi (KTT) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) COP26 resmi dimulai pada Minggu, 31 Oktober 2021 di Glasgow, Skotlandia. Pembukaan ditandai dengan Lampu berkedip merah di panel perubahan iklim.
 
 
 

Dilansir dari Channel News Asia, Senin, 1 November 2021, pembukaan konferensi tersebut ditandai dengan peringatan tajam terkait ancaman yang berkembang karena janji pengurangan emisi yang kian mengalami kegagalan.
 
Presiden COP26 Inggris, Alok Sharma mengatakan kepada para delegasi pada pembukaan pembicaraan, “Saya tidak meremehkan tantangan guna mencapai kesepakatan yang efektif untuk mengurangi emisi secara memadai”.
 
Seberapa besar optimisme yang ditunjukkan Inggris? Selanjutya di sini.

3. Makin Panas, Inggris Desak Prancis Tarik Ancaman Hak Tangkap Ikan

Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss mendesak Prancis untuk menarik ancamannya terkait hak tangkap ikan dalam 48 jam ke depan, atau London akan mempermasalahkan hal-hal yang telah disepakati dalam perjanjian Brexit. Ancaman yang dimaksud Truss adalah ucapan Presiden Emmanuel Macron usai bertemu Perdana Menteri Inggris Boris Johnson di KTT G20 di Roma, Italia, pada hari Minggu kemarin.
 
Kala itu, Macron mengatakan jika Inggris tidak mengambil langkah apapun terkait masalah hak tangkap ikan ini, maka Prancis akan mengambil langkah balasan pada Selasa besok, 2 November.
 
Langkah balasan yang dimaksud adalah melarang kapal penangkap ikan Inggris untuk berlabuh di sejumlah pelabuhan Prancis. Sebelumnya, Inggris telah menolak memberikan lisensi menangkap ikan kepada sejumlah kapal Prancis.
 
Apa yang menyebabkan hubungan kedua negara makin memburuk? Simak di tautan ini.
 
(FJR)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif