Hun Sen (kiri) dukung anaknya Hun Manet (kanan) untuk gantikan dirinya sebagai PM Kamboja./AFP
Hun Sen (kiri) dukung anaknya Hun Manet (kanan) untuk gantikan dirinya sebagai PM Kamboja./AFP

Buka Dinasti Politik, Hun Sen Dukung Anaknya Jadi PM Kamboja Selanjutnya

Marcheilla Ariesta • 02 Desember 2021 16:16
Sihanoukville: Perdana Menteri Kamboja Hun Sen mendukung putra sulungnya untuk mengambil alih kepemimpinan di negara tersebut. Dukungan Hun Sen pada putranya, Hun Manet, membuka jalan kepada dinasti politik.
 
Spekulasi lama muncul bahwa Hun Sen yang berusia 69 tahun, mempersiapkan anaknya - seorang jenderal bintang empat yang berpendidikan di Inggris dan Amerika Serikat - untuk memimpin negara tersebut.
 
"Hun Manet adalah salah satu calon perdana menteri dan mendapat dukungan dari ayahnya," kata Hun Sen dalam upacara publik di kota pesisir, Sihanoukville.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari AFP, Kamis, 2 Desember 2021, Hun Sen menambahkan, putranya yang berusia 44 tahun ini merupakan wakil panglima tertinggi Angkatan Bersenjata Kerajaan Kamboja. Menurutnya, komandan infanteri itu juga harus menghadapi pemilihan.
 
Baca juga: Jadi Ketua ASEAN, Kamboja Akan Tetap Beri Tekanan ke Myanmar
 
Kamboja diperkirakan akan melakukan pemilu pada 2023. Hun Sen sendiri telah memimpin negara itu selama lebih dari tiga dekade.
 
Pada pemilihan terakhir di 2018, partai Hun Sen memenangkan setiap kursi di parlemen usai Mahkamah Agung membubarkan oposisi utama, Partai Penyelamat Nasional Kamboja, setahun sebelumnya.
 
Pihak berwenang Kamboja telah menangkap sejumlah mantan anggota oposisi dan aktivis hak asasi manusia dalam beberapa tahun terakhir.
 
Kritikus mengatakan, Hun Sen telah melukai kembali kebebasan demokratis dan menggunakan pengadilan untuk melumpuhkan oposisi dan aktivis.
 
Hun Sen menambahkan bahwa pengangkatan putranya ke posisi puncak masih bisa terjadi satu dekade lagi, tetap bungkam pada rencana pensiunnya.
 
Dia adalah salah satu pemimpin terlama di dunia dan telah berkuasa selama 36 tahun.
 
Hun Sen sering mencirikan prestasi anak-anaknya sebagai produk pendidikan dan pelatihan. Ia juga menolak klaim nepotisme.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif