Ratusan hingga ribuan pelancong mencoba mencari informasi seputar penerbangan mereka di Bandara Internasional Ninoy Aquino, Manila, Filipina, 1 Januari 2023. (KEVIN TRISTAN ESPIRITU / AFP)
Ratusan hingga ribuan pelancong mencoba mencari informasi seputar penerbangan mereka di Bandara Internasional Ninoy Aquino, Manila, Filipina, 1 Januari 2023. (KEVIN TRISTAN ESPIRITU / AFP)

Ribuan Pelancong 'Terdampar' di Bandara Filipina akibat Masalah Teknis

Willy Haryono • 01 Januari 2023 19:04
Manila: Ribuan pelancong 'terdampar di sejumlah bandara Filipina pada Minggu, 1 Januari 2023, setelah terjadinya masalah teknis komunikasi di Manila. Kondisi ini membuat ratusan penerbangan dibatalkan, ditunda atau dialihkan.
 
Otoritas penerbangan Filipina mendeteksi terjadinya sebuah "masalah teknis" pada Minggu pagi yang meliputi pusat manajemen menara pengawas di bandara domestik dan internasional Manila.
 
Mengutip kantor berita AFP, kondisi ini terjadi di saat warga Filipina beramai-ramai terbang ke ibu kota untuk kembali bekerja atau bersekolah usai liburan Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kekacauan sempat terlihat di sejumlah loket check-in di bandara-bandara Filipina. Ribuan orang mencoba memesan ulang tiket, atau hanya sekadar untuk melihat kapan penerbangan mereka berangkat.
 
Ada juga sebagian pelancong yang sudah naik pesawat sebelum masalah teknis terjadi. Mereka harus menunggu berjam-jam, sebelum akhirnya dipaksa turun dari pesawat.
 
Sejumlah pejabat bandara Filipina tidak menyebutkan secara spesifik pemicu kondisi hari ini, namun maskapai Cebu Pacific mengatakan bahwa kekacauan diakibatkan "mati lampu dan hilangnya komunikasi."
 
Menurut keterangan beberapa petugas, sistem manajemen lalu lintas udara Filipina sudah dipulihkan sebagian pada pukul 16.00 waktu setempat. Penerbangan dari dan menuju Manila pun mulai berlanjut sejak saat itu.
 
"Penundaan dan pengalihan penerbangan merupakan langkah antisipasi demi memastikan keselamatan penumpang, kru dan pesawat," ucap Otoritas Penerbangan Sipil Filipina.
 
Lebih dari 280 penerbangan dari dan menuju Manila telah dibatalkan, dialihkan atau ditunda hari ini, berimbas pada sekitar 56.000 pelancong.
 
Baca:  Waduh! Listrik Bandara Manila Padam, Hampir 270 Penerbangan Dibatalkan
 
Para penumpang mengekspresikan kemarahan dan kekecewaan mereka atas situasi hari ini. Seorang perempuan yang seharusnya terbang ke Singapura dari Manila, harus duduk berjam-jam di dalam pesawat.
 
Ia dan para penumpang lainnya kemudian diminta turun dan ditawari menginap di hotel. "Kami diberi tahu bahwa ada kegagalan komunikasi radio di menara pengawas lalu lintas udara," ujarnya kepada AFP.
 
Seorang reporter AFP di kota Davao mengatakan bahwa otoritas Filipina mengimbau warga untuk "tidak pergu ke bandara" hari ini. Namun banyak dari para pelancong baru mengetahui bahwa penerbangan mereka dibatalkan saat sudah tiba di bandara.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif