Pemimpin junta Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing (kiri) disambut Dubes Ei Ei Khin Aye dan Kepala Protokol Negara (KPN), Andy Rachmianto di Bandara Soekarno Hatta pada Sabtu, 24 April 2021 (BPMI Setpres/Rusman)
Pemimpin junta Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing (kiri) disambut Dubes Ei Ei Khin Aye dan Kepala Protokol Negara (KPN), Andy Rachmianto di Bandara Soekarno Hatta pada Sabtu, 24 April 2021 (BPMI Setpres/Rusman)

Pemimpin Junta Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing Tiba di Jakarta

Internasional konflik myanmar asean Min Aung Hlaing Kudeta Myanmar Protes Myanmar
Willy Haryono • 24 April 2021 13:03
Jakarta: Panglima Militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing dipastikan hadir dalam ASEAN Leaders’ Meeting (ALM) yang digelar di Jakarta pada Sabtu, 24 April 2021.
 
Berdasarkan keterangan tertulis Biro Sekretariat Presiden di situs presidenri.go.id, Jenderal Min Aung Hlaing tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, pada Sabtu siang sekitar pukul 11.00 WIB.
 
Jenderal Min Aung Hlaing disambut Duta Besar Myanmar untuk Republik Indonesia Ei Ei Khin Aye dan Kepala Protokol Negara (KPN), Andy Rachmianto.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelum menghadiri pertemuan di Sekretariat ASEAN, Jenderal Min Aung Hlaing dan delegasi terlebih dahulu menjalani PCR swab test dan penapisan kesehatan sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan.
 
Dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, delegasi Min Aung Hlaing bertolak menuju lokasi KTT ASEAN di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta.
 
Sebelumnya, Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin juga telah tiba di Jakarta pada Sabtu ini. Muhyiddin disambut KPN Andy Rachmianto dan Perwakilan Tetap Malaysia untuk ASEAN Kamsiah Kamaruddin. Mereka langsung menuju ruang tunggu VVIP Bandara Soekarno-Hatta Terminal 3 untuk melakukan tes polymerase chain reaction (PCR).
 
Rombongan Muhyiddin juga bakal menjalankan pemeriksaan kesehatan lainnya sebagai penerapan protokol kesehatan. Itu untuk memastikan rombongan tidak menularkan dan tidak tertular Covid-19.
 
Jumat kemarin, PM Vietnam Pham Minh Chinh telah mendarat di Bandara Soekarno Hatta. Delegasi PM Chinh disertai Menteri Luar Negeri Bui Thanh Son, Menteri Kepala Kantor Pemerintahan Tran Van Son. Kemudian ada pula Deputi Menteri Perencanaan dan Investasi Tran Quoc Phuong dan Wakil Menlu yang juga Ketua Pertemuan Pejabat Senior Vietnam untuk ASEAN, Nguyen Quoc Dung.
 
ASEAN Leaders' Meeting diharapkan dapat mencapai kesepakatan mengenai langkah-langkah terbaik untuk rakyat Myanmar. Pertemuan ini juga untuk mencari solusi untuk Myanmar.
 
"Kalau kita tengok ke belakang, ASEAN Leaders' Meeting ini merupakan inisiatif Indonesia dan merupakan tindak lanjut pembicaraan Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo) dengan Sultan Brunei Darussalam selaku Ketua ASEAN," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada Kamis kemarin.
 
Baca:  ASEAN Leaders' Meeting Siap Digelar untuk Mencari Solusi Mengenai Myanmar

 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif