Dubes Indonesia untuk ASEAN Derry Amman (tengah) dalam Congress Indonesia Foreign Policy (CIFP) 2022 di Jakarta, Sabtu, 26 November 2022. (Medcom.id / Marcheilla Ariesta)
Dubes Indonesia untuk ASEAN Derry Amman (tengah) dalam Congress Indonesia Foreign Policy (CIFP) 2022 di Jakarta, Sabtu, 26 November 2022. (Medcom.id / Marcheilla Ariesta)

Dubes Derry: Myanmar Hormati ASEAN Jika Implementasikan 5 Poin Konsensus

Marcheilla Ariesta • 26 November 2022 16:09
Jakarta: Kepemimpinan Indonesia di ASEAN terkait dengan Myanmar, akan melanjutkan yang dilakukan Kamboja sebelumnya. Hal ini diungkapkan langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk ASEAN, Derry Amman.
 
"Kepemimpinan Indonesia akan melanjutkan yang dilakukan Kamboja terhadap isu Myanmar. Dan Indonesia tetap akan mereferensikan 5 Poin Konsensus untuk mengatasi isu ini," kata Derry dalam panel di Congress Indonesia Foreign Policy (CIFP) 2022 di Jakarta, Sabtu, 26 November 2022.
 
Dalam panel bertajuk 'ASEAN and Indonesia's Chairmanship: What's the Game Plan? Can ASEAN Step Up to Meet Present Challenges?', Derry mengatakan, Indonesia tetap akan melihat perkembangan kemajuan lima poin konsensus tersebut. Menurutnya, hanya Myanmar yang bisa menyelesaikan masalah di dalam negerinya sendiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami harap Myanmar akan menghormati keputusan ASEAN yang tetap mengacu pada lima poin konsensus itu," sambungnya.
 
Saat ditanya jika Myanmar tetap teguh tidak mengikuti 5 poin konsensus ini, Derry mengatakan, ASEAN akan mendiskusikannya kembali. Namun, kata dia, lima poin konsensus ini adalah kesepakatan bersama yang diambil para pemimpin ASEAN, dan saat kesepakatan ini diambil, junta militer Myanmar juga hadir.
 
"Jadi kembali saya tegaskan, jika Myanmar melakukan sesuai dengan 5 poin konsensus, maka Myanmar masih hormat pada ASEAN," serunya.
 
Dalam kegiatan ini, Duta Besar Singapura untuk ASEAN Kok Li Peng menegaskan, selamanya Myanmar adalah keluarga ASEAN. "Myanmar adalah keluarga kami, dan selalu seperti itu," ucapnya.
 
Ia menegaskan, ASEAN akan terus bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mengembalikan demokrasi di Myanmar.
 
Baca:  Junta Myanmar Dikucilkan di Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif