Ilustrasi grafik gempa bumi. (Medcom.id)
Ilustrasi grafik gempa bumi. (Medcom.id)

Gempa Bumi Magnitudo 5,8 Guncang Maguindanao Filipina

Willy Haryono • 13 Agustus 2022 14:43
Manila: Sebuah gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,8 mengguncang provinsi Maguindanao di Filipina selatan, menurut pencatatan Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) pada Sabtu, 13 Agustus 2022.
 
Phivolcs mengatakan bahwa gempa bumi tersebut, terjadi sekitar pukul 14.25 waktu setempat, berada sekitar 11 kilometer dari kota South Upi dengan kedalaman mencapai 62 km.
 
Dikutip dari Xinhua, guncangan akibat gempa terbaru ini terasa di kota Cotabato, General Santos, Davao dan Kidapawan di pulau Mindanao.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Gempa tektonik akan memicu guncangan susulan, tapi tidak akan menyebabkan kerusakan," kata Phivolcs.
 
Filipina adalah salah satu negara di dunia yang sering dilanda gempa bumi. Ini dikarenakan Filipina terletak di Cincin Api atau Ring of Fire Pasifik, sebuah area rentan aktivitas seismik.
 
Akhir Juli lalu, gempa bumi magnitudo 7,1 mengguncang pulau Luzon di Filipina. Gempa tersebut menewaskan setidaknya 10 orang.
 
Pada Desember tahun lalu, gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang provinsi Davao Occidental di Filipina bagian selatan.
 
September di tahun yang sama, gempa kuat melanda pulau utama Filipina. Menurut laporan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa berkekuatan magnitudo 5,7 melanda Provinsi Batangas di pulau Luzon pada pukul 01.12 pagi. Saat itu, penduduk ibu kota Manila juga merasakan guncangan.
 
Baca:  Gempa Bumi Magnitudo 6,1 Guncang Filipina Selatan
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif