Pelajar Kamboja mulai bersekolah tatap muka dengan jalankan protokol kesehatan. Foto: UNICEF.
Pelajar Kamboja mulai bersekolah tatap muka dengan jalankan protokol kesehatan. Foto: UNICEF.

Negara Tetangga Lockdown, Kamboja Mulai Buka Sekolah

Internasional Virus Korona kamboja covid-19
Marcheilla Ariesta • 04 Januari 2021 21:07
Phnom Penh: Kamboja sudah mulai membuka kembali sekolah dan museum setelah melakukan penguncian selama enam pekan terkait wabah virus korona (covid-19) akhir tahun lalu. Kamboja berani membuka kembali sekolah, padahal negara-negara tetangganya menutup diri akibat virus yang kembali menyebar.
 
Pada Senin, 4 Januari 2021, para pelajar memakai masker dan berbaris untuk dicek suhu tubuhnya. Tak hanya itu, mereka diwajibkan mencuci tangan sebelum diperbolehkan masuk ke sekolah.
 
Namun, mereka yang bisa bersekolah kembali saat ini adalah sekolah swasta. Sementara untuk sekolah negeri akan dibuka kembali pekan depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di Museum Genosida Tuol Sleng, bekas pusat penyiksaan dan penjara Khmer Merah di ibu kota, para staf dan pengemudi tuk tuk menunggu kedatangan pengunjung.
 
"Saya khawatir kami dapat terinfeksi, tapi saya melihat bahwa kami, orang Kamboja, disiplin dalam mengikuti instruksi yang ditetapkan pemerintah mengenai penggunaan masker, mencuci tangan dengan alkohol atau sabun, dan menjaga jarak," tutur Theun Ngor, 43, yang merupakan pengemudi tuk tuk.
 
Dilansir dari Channel News Asia, pada November lalu Kamboja memberlakukan berbagai pembatasan setelah wabah covid-19 menjangkiti sebuah komunitas. Diduga penyebaran berawal dari seorang perempuan 56 tahun yang melakukan perjalanan ke dua kota terbesar di negara itu.
 
Di saat Kamboja melonggarkan pembatasan, negara tetangganya, Thailand tengah menghadapi infeksi covid-19 terbesar sejak awal pandemi. Negeri Gajah Putih diperingatkan dapat menghadapi penguncian jika kasus infeksi tidak menurun dalam waktu dekat.
 
Baca juga: Kasus Covid-19 Terus Meningkat, PM Thailand: Di Rumah Saja
 
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif