Kegiatan sosialisasi pintu perbatasan Indonesia-Malaysia melalui Pelabuhan Tawau. (Kemenlu RI)
Kegiatan sosialisasi pintu perbatasan Indonesia-Malaysia melalui Pelabuhan Tawau. (Kemenlu RI)

Konsul RI Sosialisasikan Pintu Perbatasan Indonesia-Malaysia via Pelabuhan Tawau

Internasional malaysia indonesia-malaysia wni KRI Tawau
Willy Haryono • 18 April 2022 21:22
?Tawau: Konsul RI di Tawau, Heni Hamidah, menyapa para warga negara Indonesia (WNI) yang akan mengajukan pengurusan dokumen kekonsuleran dan keimigrasian di KRI Tawau pada 13 April lalu.
 
Dalam kesempatan tersebut, Konsul RI Tawau menyampaikan kepada para pemohon agar senantiasa mematuhi hukum dan peraturan setempat, memiliki dokumen resmi dan selalu memperhatikan masa berlaku dokumen tersebut.
 
Konsul RI Tawau juga mensosialisasikan pembukaan pintu perbatasan Indonesia-Malaysia melalui Pelabuhan Ferry Tawau. Bagi para WNI yang akan kembali ke Indonesia atau masuk ke Sabah melalui Pelabuhan Ferry Tawau, agar mematuhi dan melaksanakan prosedur yang telah ditetapkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ditekankan pula bahwa WNI harus selalu menggunakan jalur resmi dalam aktivitas keluar masuk Malaysia. WNI diimbau menghindari jalur-jalur penetrasi/ilegal agar tidak menemui permasalahan yang tidak dinginkan. 
 
Berdasarkan keterangan di situs Kementerian Luar Negeri, Senin, 18 April 2022, kegiatan "Greeting Before Service" ini dilakukan seiring dengan keikutsertaan KRI Tawau menuju WBK/WBBM juga guna meningkatkan kedekatan KRI Tawau dengan masyarakat.
 
Sebelumnya pada awal April lalu, KRI Tawau kembali memfasilitasi pemulangan 236 orang WNI yang telah selesai menjalani proses kasus hukumnya.
 
Pemulangan tersebut dilakukan melalui jalur laut dari Pelabuhan Tawau ke Pelabuhan Tunontaka di Nunukan, Kalimantan Utara, menggunakan 2 unit feri yang disediakan secara khusus, yakni KM. Mideast Express dan Nunukan Express pada 31 Maret.
 
Baca:  KRI Tawau Kawal Pemulangan 236 WNI yang Dideportasi Pemerintah Malaysia
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif