Presiden Filipina Rodrigo Duterte bersama putrinya, Sara Duterte. (GALI TIBBON / AFP)
Presiden Filipina Rodrigo Duterte bersama putrinya, Sara Duterte. (GALI TIBBON / AFP)

Duterte Sebut Anaknya Akan Maju sebagai Capres di Pemilu Filipina 2022

Willy Haryono • 03 Oktober 2021 09:11
Manila: Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan bahwa anak perempuannya akan maju sebagai calon presiden dalam pemilihan umum 2022. Sara Duterte, putri petahana yang kini menjabat posisi Wali Kota Davao, akan maju bersama senator Christopher "Bong" Go.
 
Bong merupakan ajudan dekat Duterte, yang menjadi calon wakil presiden dari partainya usai sang presiden memilih mundur dari dunia politik.
 
Kantor berita ABS-CBN melakukan wawancara dengan Duterte beberapa saat usai dirinya mengumumkan pensiun dari politik. Kala itu, Duterte baru saja menemani Bong dalam mendaftarkan diri sebagai calon wakil presiden.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi sudah jelas ya, Sara-Go?" tanya wartawan ABS-CBN. Duterte menjawab, "iya, Sara-Go."
 
Baca:  Pensiun dari Politik, Duterte Tak Jadi Maju ke Pemilu Filipina
 
Saat mengonfirmasi ucapan presiden, juru bicara Duterte-Carpio, Wali Kota Christina Garcia Frasco menjawab: "Pengetahuan saya terbatas dari pemberitaan lokal saja. Sejauh ini belum ada komentar."
 
Go juga belum bersedia merespons pertanyaan seputar pencalonannya bersama Sara.
 
Duterte, yang tak bisa lagi mencalonkan diri sebagai capres karena terbentur konstitusi, menerima nominasi posisi cawapres dari partainya bulan lalu. Namun, pengumuman pada Sabtu kemarin membatalkan nominasi tersebut.
 
"Sentimen yang membludak dari warga Filipina menyatakan saya tidak lolos kualifikasi. Merupakan pelanggaran jika saya mencoba menyiasati aturan," kata Duterte.
 
"Hari ini, saya mengumumkan pensiun dari dunia politik," sambungnya.
 
Jean Franco, seorang profesor sains politik dari University of the Philippines, menilai mundurnya Duterte kemngkinan dipengaruhi merosotnya tingkat popularitas petahana di mata publik.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif