Menlu Rusia Sergey Lavrov berbicara kepada awak media di Hanoi, Vietnam, 6 Juli 2022. (Nhac NGUYEN / AFP)
Menlu Rusia Sergey Lavrov berbicara kepada awak media di Hanoi, Vietnam, 6 Juli 2022. (Nhac NGUYEN / AFP)

Menlu Rusia Serukan Upaya Perlindungan Hukum Internasional

Marcheilla Ariesta • 06 Juli 2022 14:37
Hanoi: Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov meminta semua pihak di dunia untuk melakukan upaya melindungi hukum internasional di saat "dunia tengah berkembang dalam cara yang rumit."
 
Pernyataan disampaikan Lavrov dalam pertemuan dengan Menlu Vietnam Bui Thanh Son di Hanoi pada Rabu, 6 Juli 2022.
 
Komentarnya muncul saat Rusia dituduh negara-negara Barat melanggar hukum internasional melalui invasinya ke Ukraina. Para pemimpin Uni Eropa mendesak Moskow untuk mematuhi perintah pengadilan internasional yang meminta Rusia untuk mundur dari Ukraina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Vietnam adalah mitra utama (Rusia) di ASEAN, dan hubungan kedua negara didasarkan pada sejarah dan perjuangan bersama mereka untuk keadilan," kata Lavrov dilansir dari Channel News Asia.
 
Vietnam dan Rusia memiliki hubungan dekat sejak era Soviet. Hanoi sejauh ini tidak mengutuk perang Rusia di Ukraina, yang disebut Moskow sebagai 'operasi khusus.'
 
Kunjungan Lavrov ke Hanoi dilakukan saat kedua negara menandai peringatan 10 tahun 'kemitraan strategis komprehensif' mereka.
 
Setelah dari Hanoi, Lavrov melanjutkan perjalanannya ke Indonesia untuk menghadiri pertemuan para menteri luar negeri (FMM) G20 pekan ini di Bali.
 
Sejumlah menlu lain telah mengonfirmasi kehadiran di FMM G20, termasuk Menlu AS Antony Blinken. Ia akan meneguhkan kembali komitmen bekerja sama dengan para mitra internasional dalam menghadapi tantangan global, termasuk kerawanan pangan dan energi, serta ancaman berlanjutnya perang Rusia melawan Ukraina terhadap tatanan internasional.
 
Baca:  Menlu AS Hadiri Pertemuan G20 di Bali, Isu Rusia Masih Jadi Perhatian
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif