Sputnik V, vaksin covid-19 buatan Rusia. (AFP)
Sputnik V, vaksin covid-19 buatan Rusia. (AFP)

Dubes Rusia Kembali Tegaskan Sputnik V Aman dan Efektif

Internasional Virus Korona rusia indonesia-rusia vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 Vaksin Sputnik V Vaksin untuk Indonesia
Marcheilla Ariesta • 28 April 2021 12:59
Jakarta: Rusia terus berharap Indonesia memilih vaksin Sputnik V untuk masuk dalam program vaksinasi di Tanah Air. Hal ini disampaikan Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva dalam jumpa pers virtual, Rabu, 28 April 2021.
 
Ia memastikan vaksin Spunik V buatan Gamaleya Institute Rusia aman digunakan.
 
"Penelitian terakhir menunjukkan bahwa Sputnik V memiliki efektivitas hingga 97 persen dan cukup aman. Sejauh ini belum ada efek samping parah yang digunakan di beberapa negara di dunia," kata Lyudmila.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lyudmila menambahkan, sudah sejak beberapa bulan lalu Sputnik V mengirimkan proposal untuk penggunaan darurat di Indonesia. Namun, saat ini semua keputusan diserahkan ke regulator obat-obatan Indonesia.
 
Baca:  RI-Rusia Bahas Kerja Sama Vaksin Lewat Telepon
 
Dalam kesempatan ini, Lyudmila mengatakan sangat mendukung posisi Indonesia untuk melawan nasionalisme vaksin. Ia menambahkan vaksin juga seharusnya jangan digunakan sebagai permainan politik karena dasarnya untuk kesehatan dan kehidupan yang lebih baik.
 
Pernyataan ini menyinggung penolakan Sputnik V oleh regulator Brasil. Dewan Kesehatan Brasil mengatakan Sputnik V diragukan karena kurangnya informasi mengenai efek samping.
 
"Vaksin Sputnik V tidak perli lagi diragukan keamanan dan efektivitasnya serta sangat murah," kata dia.
 
Menurutnya, penolakan vaksin Sputnik di Brasil mendapat kritik di dalam negeri itu sendiri. Keputusan itu dianggap sangat politis.
 
Namun, kata Lyudmila, meskipun ditolak, pihaknya tetap melakukan kontak dengan otoritas Brasil.
 
"Mungkin sesuatu akan berubah dan Rusia akan tetap siap membantu Brasil dalam melanjutkan program vaksinasinya," pungkas dia.

Vaksin untuk Indonesia

Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 
 
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif