Politikus Malaysia keturunan Batak Mandailing, Saifuddin Nasution Ismail. (Foto: Bernama)
Politikus Malaysia keturunan Batak Mandailing, Saifuddin Nasution Ismail. (Foto: Bernama)

Saifuddin Nasution Ismail, Orang Batak yang Jadi Menteri di Pemerintahan Malaysia

Willy Haryono • 04 Desember 2022 09:09
Kuala Lumpur: Jajaran menteri kabinet baru Malaysia di bawah Perdana Menteri Anwar Ibrahim telah dilantik pada Sabtu, 3 Desember 2022. Salah satu dari menteri itu adalah Saifuddin Nasution Ismail, politikus Malaysia keturunan Batak Mandailing yang dipercaya menduduki posisi Menteri Dalam Negeri Malaysia.
 
Seperti apa perjalanan karier Saifuddin Nasution Ismail di Negeri Jiran?
 
Karier politik Saifuddin dimulai dengan menjadi kader sayap pemuda partai United Malays National Organisation (UMNO). Ia dipecat dari keanggotaan di tahun 1999, dan kemudian masuk ke Parti Keadilan di kubu oposisi. Partai itu kemudian menjadi Parti Keadilan Rakyat (PKR).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di tahun yang sama, Saifuddin kalah dalam pemilihan umum untuk memperebutkan kursi Padang Serai, Kedah. Satu tahun setelahnya, ia meraih kursi Lunas di Majelis Negara Bagian Kedah.
 
Sudah duduk di pemerintahan, Saifuddin gagal naik ke parlemen federal usai kalah dari Lim Bee Kau di pemilu 2004. Dalam pemilu berikutnya di tahun 2008, pria kelahiran 7 Desember 1963 itu meraih kursi federal untuk wilayah Machang di Kelantan.
 
Pada Januari 2010, Saifuddin ditunjuk menjadi Sekretaris Jenderal PKR menggantikan Salehuddin Hashim. Dalam pemilu Malaysia 2013, Saifuddin kembali ke Kedah untuk mencoba meraih kursi Kulim-Bandar Baharu, namun kalah dari Abd. Aziz Sheikh Fadzir.
 
Satu tahun setelahnya, ia keluar dari jabatan Sekjen PKR untuk mencoba mengisi jabatan deputi presiden partai, namun kalah dari Azmin Ali. Ia kembali ditunjuk sebagai Sekjen PKR pada November 2016 menggantikan Rafizi Ramli.
 
Saifuddin meraih kemenangan ganda dalam pemilu 2018, dengan meraih kursi parlemen Kulim-Bandar Baharu dan kursi negara bagian Penang untuk wilayah Pantai Jerejak.
 
Tahun ini, dalam pemilu ke-15 Malaysia (GE15), Saifuddin yang sejak dulu merupakan sekutu Anwar Ibrahim, mendapat kepercayaan untuk mengisi pos Menteri Dalam Negeri Malaysia.
 
Sebagai Sekjen Pakatan Harapan (PH) dan kini menteri, Saifuddin mengaku akan meminta nasihat dari Hamzah Zainuddin terkait cara-cara memimpin di Kemendagri Malaysia.
 
Dikutip dari Free Malaysia Today, Saifuddin mengatakan ia dan Hamzah memiliki hubungan baik selama bertahun-tahun. Ia juga mengaku telah belajar banyak dari mantan mendagri itu, saat dirinya ditunjuk menjadi menteri perdagangan domestik dan urusan konsumen di tahun 2018.
 
"Saya telah belajar banyak darinya dalam hal pemahaman mengenai tugas-tugas esensial dan berbagai tantangan di kementerian," sebut Saifuddin usai dilantik sebagai senator di parlemen Malaysia pada Sabtu kemarin.
 
Satu hari setelahnya, Saifuddin dan rekan-rekan menteri lainnya mengucap sumpah jabatan di Istana Negara.
 
Baca:  Sah! Jajaran Menteri Kabinet PM Malaysia Anwar Ibrahim Mengucap Sumpah Jabatan
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif