Dubes Indonesia untuk ASEAN Derry Amman (tengah) dalam Congress Indonesia Foreign Policy (CIFP) 2022 di Jakarta, Sabtu, 26 November 2022. (Medcom.id / Marcheilla Ariesta)
Dubes Indonesia untuk ASEAN Derry Amman (tengah) dalam Congress Indonesia Foreign Policy (CIFP) 2022 di Jakarta, Sabtu, 26 November 2022. (Medcom.id / Marcheilla Ariesta)

Apa Arti Tema 'ASEAN Matters: Epicentrum of Growth' Indonesia?

Marcheilla Ariesta • 26 November 2022 21:07
Jakarta: Indonesia akan menjadi ketua ASEAN tahun depan. Dalam keketuaan ASEAN di tahun 2023 nanti, Indonesia memilih tema 'ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.'
 
Sebenarnya, apa arti dari tema tersebut?
 
"ASEAN Matters berarti kita ingin menunjukkan bahwa ASEAN itu relevan, strategis dan penting," jelas Duta Besar Indonesia untuk ASEAN Derry Amman dalam panel di Conference on Indonesia Foreign Policy (CIFP) 2022 di Jakarta, Sabtu, 26 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sedangkan Epicentrum of Growth ini merepresentasikan pertumbuhan, kemajuan atau progres di segala bidang kehidupan," sambungnya.
 
Jadi, kata Dubes Derry, tema keketuaan Indonesia tahun depan adalah menunjukkan ASEAN yang relevan serta menjadi pusat pertumbuhan anggotanya.
 
Sebelumnya dalam sambutan di acara CIFP hari ini, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah mengumumkan tema keketuaan ASEAN Indonesia untuk 2023. "Keketuaan ini akan dijalani di tengah situasi dunia yang belum akan lebih baik," katanya.
 
Karena itu, kata Menlu Retno, Indonesia menginginkan agar ASEAN tetap penting dan relevan. "Indonesia juga ingin kawasan Asia Tenggara tetap menjadi pusat pertumbuhan ekonomi, epicentrum of growth," sambung Menlu Retno.
 
Ia menegaskan, pertumbuhan ekonomi selalu menjadi sejarah dari ASEAN. Menlu Retno berharap, keketuaan Indonesia di ASEAN tahun depan dapat terlaksana sebaik Presidensi G20 tahun ini.
 
Baca:  Indonesia Berhasil Tepati Janji dalam Jalankan Presidensi G20
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif