Seorang nelayan Filipina berlayar di perairan dekat Laut China Selatan pada 14 Februari 2020. (Romeo GACAD / AFP)
Seorang nelayan Filipina berlayar di perairan dekat Laut China Selatan pada 14 Februari 2020. (Romeo GACAD / AFP)

Filipina Deteksi 220 Kapal Tiongkok di Laut China Selatan

Willy Haryono • 21 Maret 2021 12:16
Manila: Pemerintah Filipina mengaku telah mendeteksi ratusan kapal penangkap ikan milik Tiongkok di sebuah wilayah di Laut China Selatan yang sama-sama diklaim oleh Manila maupun Beijing. Filipina mengaku dapat melayangkan protes diplomatik atas kehadiran ratusan kapal tersebut.
 
"Sekitar 220 kapal Tiongkok berada di area Whitsun Reef di Laut China Selatan pada 7 Maret lalu," ujar gugus tugas Filipina yang menangani isu perairan sengketa.
 
"Area tersebut berada di dalam Zona Ekonomi Eksklusif Filipina," sambungnya, dilansir dari laman The Straits Times pada Minggu, 21 Maret 2021. Whitsun Reef kerap juga disebut Juan Felipe oleh Filipina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gugus tugas Filipina menegaskan bahwa kehadiran ratusan kapal Tiongkok tersebut menimbulkan kekhawatiran atas terjadinya penangkapan ikan secara berlebihan (overfishing) serta kehancuran biota laut.
 
"Ratusan kapal tersebut juga menimbulkan risiko terhadap keamanan navigasi," tutur gugus tugas Filipina.
 
"Protes mengenai 220 kapal mungkin akan dilayangkan jika direkomendasikan oleh jajaran jenderal Filipina," tulis Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin Jr di Twitter.
 
Tiongkok dan Filipina memiliki klaim yang saling bertindihan di Laut China Selatan. Januari lalu, Filipina melayangkan sebuah nota protes diplomatik terhadap Undang-Undang Tiongkok terkait masalah kelautan.
 
UU kontroversial tersebut memberikan wewenang kepada penjaga pantai Tiongkok untuk melepaskan tembakan ke kapal-kapal asing, termasuk di Laut China Selatan.
 
Negeri Tirai Bambu mengklaim hampir keseluruhan wilayah Laut China Selatan atas dasar peta versi negaranya sendiri yang diklaim dibuat sejak zaman dahulu. Selain Filipina, beberapa negara lain juga mengklaim sebagian wilayah di perairan sengketa tersebut.
 
Baca:  Filipina Siap Angkat Senjata Hadapi Tantangan Tiongkok
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif