Sebuah kapal penjaga pantai Tiongkok saat hendak berlabuh di Manila, Filipina pada 14 Januari 2020. (STR/AFP)
Sebuah kapal penjaga pantai Tiongkok saat hendak berlabuh di Manila, Filipina pada 14 Januari 2020. (STR/AFP)

Indonesia Pantau Pembahasan RUU Penjaga Pantai Tiongkok

Internasional ktt asean laut china selatan indonesia-tiongkok asean-tiongkok menlu retno lp marsudi
Marcheilla Ariesta • 10 November 2020 15:18
Jakarta: Tiongkok dilaporkan dalam tahap pembahasan rancangan undang-undang (RUU) mengenai Coast Guard atau penjaga pantai. Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengatakan Indonesia akan terus memantau pembahasan RUU tersebut.
 
"Tentu, Indonesia menghormati hak setiap negara untuk membuat UU nasionalnya, namun Indonesia berharap UU tersebut tidak berdampak negatif bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan Laut China Selatan," seru Retno dalam jumpa pers virtual, Selasa, 10 November 2020.
 
Ia menambahkan Indonesia hanya berharap Laut China Selatan akan terus menjadi perairan yang damai dan stabil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Laut yang damai dan stabil hanya akan terjadi jika semua negara menghormati hukum internasional termasuk UNCLOS 1982," tegasnya.
 
Baca:Jokowi Berharap Polemik Laut China Selatan Tak Berlanjut
 
Retno mengatakan hal tersebut dalam pertemuan tingkat menteri luar negeri ASEAN (AMM) yang digelar secara daring. Dalam pertemuan itu, Retno juga membahas mengenai Amerika Serikat.
 
AS diketahui baru saja melakukan pemilihan presiden pekan lalu. Joe Biden dan Kamala Harris dari Partai Demokrat memenangkan pertarungan sengit tersebut.
 
Retno mengatakan Indonesia dan ASEAN siap bekerja sama dengan Amerika Serikat dan memperkuat hubungan di antara mereka. Washington sendiri merupakan rival Beijing.
 
Hubungan kedua negara berada di titik terendah, terlebih setelah Donald Trump menjadi Presiden AS. Mulai dari perang dagang, perebutan pengaruh Taiwan, Hong Kong, Xinjiang dan masalah di Laut China Selatan menjadi alasan kedua negara itu tidak pernah akur.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif