Filipina mulai khawatir karena banyak anak jadi pasien covid-19. Foto: AFP.
Filipina mulai khawatir karena banyak anak jadi pasien covid-19. Foto: AFP.

Filipina Waspada, Covid-19 Mulai Serang Anak-anak

Marcheilla Ariesta • 08 Agustus 2021 14:50
Manila: Infeksi covid-19 yang melonjak di Filipina menyebabkan banyak anak menjadi korban. Rumah Sakit Umum Filipina (PGH) melaporkan, enam anak dirawat untuk covid-19, tiga diantaranya dalam kondisi kritis.
 
Juru Bicara PGH, Jonas del Rosario mengatakan, dari tiga kasus kritis tersebut, dua anak memiliki penyakit penyerta. Namun, satu anak lagi tidak memiliki apa-apa selain adanya sindrom inflamasi multisistemik pada masa kanak-kanak (MIS-C), yaitu komplikasi infeksi covid-19 yang ditandai dengan pembengkakan beberapa organ tubuh.
 
Sedangkan dua dari enam anak yang dirawat memiliki gejala sedang, dan satu lainnya kasus ringan yang sudah hampir sembuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Halau Penyebaran Varian Delta, Filipina Larang Pelancong dari Malaysia dan Thailand
 
"Anak-anak tersebut berusia 7 hari hingga 15 tahun," kata del Rosario, dilansir dari Straits Times, Minggu, 8 Agustus 2021.
 
"Pusat Genom Filipina akan menentukan varian covid-19 yang menyerang anak-anak tersebut," imbuhnya.
 
MIS-C adalah kondisi peradangan langka di antara anak-anak dengan covid-19. Gejala ini muncul di antara individu berusia 19 tahun ke bawah yang mengalami demam lebih dari tiga hari.
 
Masalah dapat terjadi di berbagai bagian tubuh, termasuk jantung, paru-paru, ginjal, otak, kulit, mata, dan organ pencernaan.
 
Anak-anak dengan MIS-C mengalami demam dan gejala lain, seperti sakit perut, mata merah, dada sesak atau nyeri, diare, kelelahan, sakit kepala, tekanan darah rendah, sakit leher, ruam dan muntah.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif