Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda, Cora Van Nieuwenhuizen, berkunjung ke kantor KLHK, Senin, 9 Maret 2020. Foto: KLHK
Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda, Cora Van Nieuwenhuizen, berkunjung ke kantor KLHK, Senin, 9 Maret 2020. Foto: KLHK

Indonesia-Belanda Perkuat Kerja Sama Kelola Sampah

Internasional indonesia-belanda pengelolaan sampah
Medcom • 09 Maret 2020 21:17
Jakarta: Indonesia dan Belanda memperkuat kerja sama dalam pengelolaan sampah. Penguatan kerja sama ini disepakati saat Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda, Cora Van Nieuwenhuizen, berkunjung ke kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Senin, 9 Maret 2020.
 
Selain soal pengelolaan sampah, kerja sama juga menyangkut ekonomi sirkular, kualitas air, serta perubahan iklim yang tertuang dalam nota kesepahaman (MoU). Menteri LHK Siti Nurbaya yang menerima Cora mengatakan peningkatan kerja sama ini penting karena Belanda juga menjadi salah satu dari sedikit negara anggota Uni Eropa yang telah berhenti mengekspor limbah plastik.
 
"Kami sangat menghargai hal tersebut karena kebijakan nasional kami juga bukan untuk mengimpor limbah plastik," ujar Siti di sela-sela pertemuan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri LHK menyampaikan sirkular ekonomi juga telah menjadi tren di Indonesia. Hal ini diwujudkan dengan inisiatif masyarakat dalam membangun bank sampah. Pemerintah daerah juga berinisiatif memberlakukan larangan penggunaan plastik sekali pakai.
 
"Sudah ada 33 kota di Indonesia yang telah memberlakukan aturan melarang penggunaan plastik sekali pakai," kata dia.
 
Meski begitu, Menteri Siti mengungkapkan Indonesia sangat berhati-hati dalam membuat kebijakan pengelolaan sampah. Mengingat, demografi yang sangat besar dan spektrum demografinya juga beragam.
 
Baca: Raja Belanda Datang Demi Perbaiki Hubungan Masa Lalu
 
Menteri Cora menyambut baik penandatanganan MoU mengenai ekonomi sirkular ini. "Belanda juga memiliki pengalaman dalam mengolah sampah menjadi energi sebagai bagian dari ekonomi sirkular. Terdapat delegasi bisnis yang menangani hal ini yang juga ikut dalam kunjungan ke Indonesia kali ini," kata dia.
 
Cora mengatakan pemerintah Belanda juga sedang mengembangkan proyek daur ulang sampah plastik menjadi barang yang siap pakai. "Kami mengundang Menteri LHK untuk dapat berkunjung ke Belanda dan melihat langsung hal tersebut,” katanya.
 
Di bidang perubahan iklim, Cora juga mengundang Menteri LHK untuk hadir pada Global Commission Summit pada Oktober 2020. Pada forum tersebut, pemerintah Indonesia mendapat kesempatan untuk menyampaikan berbagai upaya pengendalian perubahan iklim yang telah dilakukan.
 

(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif