Sultan Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah. (Jack TAYLOR / POOL / AFP)
Sultan Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah. (Jack TAYLOR / POOL / AFP)

Sultan Brunei Jadi Pemimpin Pertama yang Bertemu PM Baru Malaysia

Marcheilla Ariesta • 28 November 2022 13:46
Kuala Lumpur: Belum sepekan menjabat, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim akan bertemu Sultan Brunei Darussala, Sultan Hassanal Bolkiah. Sultan Brunei akan melakukan kunjungan khusus ke Malaysia hari ini, Senin, 28 November 2022.
 
"Ini adalah pertemuan pertama antara Anwar dan Sultan Hassanal Bolkiah setelah perdana menteri menjabat pada 24 November," kata Kementerian Luar Negeri Malaysia dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Malay Mail.
 
Kunjungan terakhir Sultan Brunei ke Kuala Lumpur dilakukan pada 4-6 Maret 2019. Kala itu, ia datang untuk menghadiri Konsultasi Pemimpin Tahunan (ALC) ke-22 antara Malaysia dan Brunei.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Malaysia dan Brunei memiliki hubungan khusus yang didasarkan pada warisan bersama, budaya dan hubungan antar masyarakat yang erat," ucap kementerian.
 
"Berdasarkan hubungan khusus ini, kedua pemimpin akan memanfaatkan kesempatan kunjungan ini untuk melihat kemajuan kerja sama yang ada dan menggali potensi baru untuk kemitraan yang lebih komprehensif yang dapat saling menguntungkan kedua negara," sambung pernyataan tersebut.
 
Pada 2021, Brunei adalah mitra dagang terbesar ke-30 Malaysia dan terbesar ke-6 di ASEAN, dengan total perdagangan sebesar RM8,03 miliar.
 
"PM Anwar juga akan menjadi tuan rumah makan siang untuk Yang Mulia Pangeran 'Abdul Mateen dan delegasi Brunei bersamaan dengan kunjungan khusus itu," pungkas pernyataan itu.
 
Baca:  Anwar Ibrahim: Penunjukan Pos Kabinet Bukan Hadiah untuk Pendukung
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif