WNI yang dipulangkan dari Kamboja tiba di Tanah Air. Foto: Kemenlu RI
WNI yang dipulangkan dari Kamboja tiba di Tanah Air. Foto: Kemenlu RI

Tambahan 14 WNI Korban Penipuan Kerja di Kamboja Pulang ke Indonesia

Marcheilla Ariesta • 08 Agustus 2022 22:05
Jakarta: Kementerian Luar Negeri Indonesia kembali memulangkan para Warga Negara Indonesia (WNI) korban penipuan lowongan pekerjaan di Kamboja ke Tanah Air. Pada Senin, 8 Agustus 2022, tercatat 14 WNI korban penipuan perusahaan online scam tiba di Indonesia.
 
"Para WNI tersebut telah tiba dengan selamat dan dalam kondisi sehat di Bandara Soekarno Hatta pada pukul 18.05 WIB," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kemenlu RI Judha Nugraha dalam pernyataan yang diterima Medcom.id.
 
Kemenlu, kata Judha, selanjutnya menyerahterimakan 14 WNI ini ke Kementerian Sosial. Mereka kemudian akan menjalani rehabilitasi dan reintegrasi ke keluarga masing-masing.
 
Baca: Jumlah WNI Korban Penipuan Lowongan Kerja di Kamboja Jadi 129 Orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para WNI tersebut terdiri dari 12 laki laki dan 2 perempuan. Mereka berasal dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Banten dan Kalimantan Barat.
 
Tambahan 14 WNI Korban Penipuan Kerja di Kamboja Pulang ke Indonesia
Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemenlu RI Judha Nugraha (batik merah). Foto: Kemenlu RI
 

"Pemulangan ini merupakan lanjutan pemulangan yang dilakukan sebelumnya pada tanggal 5 dan 6 Agustus 2022," ujar Judha.
 
Total 39 WNI telah berhasil dipulangkan. Para WNI lainnya akan direpatriasi secara bertahap menyesuaikan ketersediaan penerbangan, proses BAP Polisi Kamboja dan proses administrasi keimigrasian Kamboja.
 
Proses pemulangan ini merupakan tindak lanjut hasil pertemuan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan menteri dalam negeri Kamboja, serta Kepala Kepolisian Kamboja minggu lalu. Dalam pertemuan tersebut, Retno menekankan percepatan proses repatriasi.
 
Retno juga meminta agar kasus ini diselidiki lebih serius oleh pihak Kamboja, agar nantinya tidak terus berulang. Hingga Jumat lalu, tercatat ada 129 orang yang berhasil diselamatkan dari penipuan pekerjaan tersebut.
 
Mereka ditampung di KBRI Phnom Penh menunggu pemulangan dan penyelesaian proses di Kamboja.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif