Ketua MPR Bambang Soesatyo. (MI / Susanto)
Ketua MPR Bambang Soesatyo. (MI / Susanto)

Ketua MPR Puji Kunjungan Jokowi ke Rusia-Ukraina di Tengah Krisis Global

Marcheilla Ariesta • 16 Agustus 2022 13:20
Jakarta: Perang selalu membawa petaka, kehancuran dan kesengsaraan, sehingga perdamaian harus selalu dikedepankan demi kebaikan bersama. Semangat perdamaian ini dibawa oleh Presiden Joko Widodo saat menjalankan misi perdamaian ke Rusia dan Ukraina pada Juni lalu.
 
Kunjungan tersebut mendapat apresiasi tinggi dari Ketua MPR Bambang Soesatyo. Dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR, pria yang kerap disapa Bamsoet tersebut mengatakan, kunjungan Jokowi ke Rusia dan Ukraina dapat mengingatkan kita semua bahwa ancaman krisis global sudah ada di depan mata.
 
"Menurut Badan Pengungsi PBB, UNHCR, dalam kurun waktu kurang dari dua bulan sejak pasukan Rusia memulai perang di Ukraina, sebanyak lima juta warga Ukraina telah meninggalkan negara mereka," kata Bamsoet di Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perang ini juga menyebabkan sekitar 7,1 juta warga Ukraina terpaksa kehilangan tempat tinggalnya. Ia menambahkan, perang di Ukraina telah memicu krisis pengungsi dan krisis kemanusiaan yang tumbuh paling cepat.
 
"Perang di Ukraina telah memicu krisis pengungsi dan krisis kemanusiaan yang tumbuh paling cepat," katanya.
 
Saat ini, sekitar 320 juta penduduk dunia berada dalam kondisi kelaparan akut. Menurut data IMF dan Bank Dunia, perekonomian 66 negara diprediksi akan bangkrut dan ambruk.
 
Bamsoet menuturkan, pelambatan dan kontraksi pertumbuhan ekonomi global semakin diperburuk oleh tingginya kenaikan inflasi. Ia menilai, Indonesia sebagai negara resiko resesi yang kecil, hanya sekitar tiga persen.
 
Angka ini, kata Bamsoet sangat jauh jika dibandingkan dengan rata-rata negara Amerika dan Eropa ataupun negara Asia Pasifik lainnya.
 
Baca:  Jokowi: Indonesia di Puncak Kepemimpinan Global
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif