Presiden Jokowi di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa, 16 AGustus 2022. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Jokowi di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa, 16 AGustus 2022. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Jokowi: Indonesia di Puncak Kepemimpinan Global

Marcheilla Ariesta • 16 Agustus 2022 11:43
Jakarta: Presiden Joko Widodo mengatakan, kepercayaan internasional terhadap Indonesia meningkat tajam. Menurutnya, saat ini Indonesia berada di puncak kepemimpinan global.
 
"Kepercayaan internasional terhadap Indonesia meningkat tajam," katanya dalam Pidato Kenegaraan di Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2022.
 
Ia menuturkan, hal ini ditandai dengan Indonesia diterima Rusia dan Ukraina sebagai jembatan perdamaian. Indonesia, kata dia, juga diterima negara-negara besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan, kata Jokowi, Indonesia kini menjadi presiden G20, organisasi 20 negara ekonomi besar di dunia. "Dan tahun depan, kita menjadi ketua ASEAN," ujar Jokowi.
 
Baca juga: Ini Makna Baju Paksian Asal Babel yang Dipakai Jokowi
 
"Artinya, kita berada di puncak kepemimpinan global dan memperoleh kesempatan besar untuk membangun kerja sama internasional," lanjut dia.
 
Keuntungan kepercayaan internasional ini juga dirasakan di dalam negeri. Jokowi mengatakan, dari segi investasi, ada pertumbuhan signifikan.
 
"Pertumbuhan investasi meningkat tajam 52 persen berada di luar Pulau Jawa. Ini berarti ekonomi bukan hanya tumbuh besar, tapi merata menuju pembangunan Indo-sentris," katanya.
 
"Dengan hal ini, Indonesia memiliki kesempatan untuk melakukan pembangunan inklusif dan berkelanjutan," pungkas Jokowi.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif