Presiden Emmanuel Macron dalam KTT G20 di Nusa Dua, Bali./AFP
Presiden Emmanuel Macron dalam KTT G20 di Nusa Dua, Bali./AFP

Presiden Macron Puji Kepemimpinan Indonesia di G20 Membawa Perdamaian

Marcheilla Ariesta • 16 November 2022 20:39
Nusa Dua: Presiden Prancis Emmanuel Macron memuji kepemimpinan Indonesia di G20. Ia mengatakan, Indonesia mampu untuk membawa perdamaian di G20.
 
"Saya tahu kendala yang dihadapi dalam pertemuan ini. Saya salut, dalam hal ini, peran utama yang Anda (Indonesia) mainkan untuk perdamaian dan multilateralisme dalam penyelenggaraan G20," kata Macron, dalam pidatonya di KTT G20, di Nusa Dua, Bali, Rabu, 16 November 2022.
 
Ia mengatakan, salah satu hal tersulit yang dihadapi bahwa adanya perang yang dipengaruhi politik di Ukraina. Ia pun mengungkit masalah serangan yang menyasar ke Polandia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Beberapa menit yang lalu saya berbicara kepada pihak Polandia, saya menyampaikan belasungkawa kepada mereka untuk para korban tembakan rudal yang mencapai Polandia," ujar Macron.
 
Ia mengatakan, solidaritas Prancis dan G20 diberikan untuk Polandia saat ini. Sementara itu, kata dia, Prancis akan bekerja sama dengan Warsawa untuk mencari tahu apa yang terjadi.
 
Baca juga: Lewat Aset Diplomasi, Presidensi Indonesia Mampu Dorong Deklarasi G20
 
Macron menjelaskan, bahwa sekutu negaranya telah bertemu pagi ini membahas serangan di Polandia tersebut. "Saya juga sempat menelepon Presiden (Ukraina Volodymyr) Zelensky dan mengungkapkan solidaritas Prancis dalam menghadapi serangan rudal kemarin," ungkapnya.
 
Tercatat 80 dari 100 rudal Rusia ditembakkan ke infrastruktur sipil. Hal ini, kata Macron, memberikan pesan sangat jelas akan gambaran perang Rusia.
 
"Bukan KTT G20 yang memutuskan perdamaian atau menghentikan perang, tapi kami memiliki tanggung jawab, kami mengirimkan pesan yang sangat jelas untuk mempertahankan perdamaian, dan saya percaya dalam hal ini, pesan ini yang kami kirim secara khusus kepada Rusia," sambungnya.
 
Ia menegaskan, G20 tidak berpaling dari Ukraina. Malahan, katanya, G20 mendorong akan perdamaian terjadi di Ukraina.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif