Presiden Joko Widodo (kanan) bersama PM Malaysia Anwar Ibrahim di Istana Bogor, 9 Januari 2023. (Adek BERRY / AFP)
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama PM Malaysia Anwar Ibrahim di Istana Bogor, 9 Januari 2023. (Adek BERRY / AFP)

Malaysia Tingkatkan Infrastruktur Sabah dan Sarawak Seiring Pembangunan IKN

Willy Haryono • 21 Januari 2023 11:45
Kuala Lumpur: Pemerintah federal Malaysia berencana mengalokasikan tambahan anggaran hingga RM1 miliar (setara Rp3,5 triliun) untuk meningkatkan infrastruktur di Sabah dan Sarawak seiring pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, ucap Perdana Menteri Anwar Ibrahim.
 
PM Anwar mengatakan bahwa Kementerian Keuangan Malaysia telah memberikan persetujuan awal atas alokasi tambahan ini, yang akan digunakan untuk meningkatkan fasilitas bea cukai, imigrasi dan karantina (CIQ) serta sejumlah infrastruktur lain di sepanjang perbatasan Indonesia-Malaysia.
 
"Dalam diskusi terbaru saya dengan Presiden Joko Widodo, kami berbicara mengenai ibu kota baru Indonesia, Nusantara, yang berlokasi dekat dengan Sabah dan Sarawak," ujar PM Anwar, seperti dikutip dari laman The Straits Times, Sabtu, 21 Januari 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk itu, akan ada tambahan alokasi anggaran untuk meningkatkan keamanan perbatasan serta beberapa infrastruktur dasar seperti jalan raya agar kita tidak terlihat terlalu tertinggal," sambungnya, dalam sebuah konferensi pers usai memimpin pertemuan Dewan Aksi Implementasi Perjanjian Malaysia 1963 (MA63) di Kuching, Sarawak pada Jumat kemarin.
 
Pada 2019, Pemerintahan Jokowi mengumumkan rencana memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, dengan menamakannya sebagai IKN Nusantara. Menurut laporan AFP, Indonesia akan memulai pembangunan proyek apartemen sebesar USD2,7 di lokasi Nusantara pada kuartal kedua 2023. Apartemen-apartemen itu nantinya akan dihuni oleh ribuan pegawai negeri sipil.
 
Pertemuan di Kuching dihadiri Premier Sarawak Abang Johari Tun Openg, Kepala Menteri Sabah Hajiji Noor, dan beberapa pemimpin federal serta negara bagian lainnya.
 
Alokasi anggaran RM1 miliar akan termasuk dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara Malaysia 2023 yang akan ditetapkan bulan depan. Pengerjakan proyek infrastruktur di Sabah dan Sarawak di sepanjang perbatasan dekat Nusantara akan segera dimulai setelahnya.
 
Sebelumnya saat bertemu Jokowi di Istana Bogor, PM Anwar mengatakan bahwa dirinya berharap IKN Nusantara dapat berdampak positif terhadap kehidupan di Sabah dan Sarawak.
 
Baca juga:  PM Malaysia Anwar Ibrahim Berharap IKN Turut Majukan Sabah dan Sarawak
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif