Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Menlu Retno Marsudi. Foto: Dok.Kemenlu RI
Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Menlu Retno Marsudi. Foto: Dok.Kemenlu RI

Kinerja Anggaran Kemenlu Raih Peringkat 2 Terbaik Sepanjang Anggaran 2021

Internasional Sri Mulyani kemenlu Kementerian Keuangan menlu retno lp marsudi
Fajar Nugraha • 15 April 2022 14:00
Jakarta: Kementerian Luar Negeri berhasil meraih penghargaan atas kinerja anggaran Tahun Anggaran 2021 dengan Nilai Kinerja Anggaran sebesar 96,22 Predikat ‘Sangat Baik’ dengan perincian nilai Evaluasi Kinerja Anggaran pada aplikasi SMART sebesar 96,61 (bobot 60 persen) dan nilai IKPA 95,64 (bobot 40 persen).
 
Penghargaan diberikan secara langsung oleh Menteri Keuangan kepada Menteri Luar Negeri pada Rakornas Pelaksanaan Anggaran Tahun 2022 dengan tema Spending Better : Mewujudkan Ketahanan Fiskal.
 
“Capaian ini menempatkan Kemenlu pada peringkat ke-2 Nilai Kinerja Anggaran Terbaik untuk kementerian negara/lembaga dalam kategori pagu sedang, naik secara signifikan dari peringkat 11 di tahun sebelumnya,” sebut pernyataan Kemenlu, dikutip dari Kemlu.go.id, Jumat 15 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Prestasi ini dikukuhkan pula dalam Keputusan Menteri Keuangan (KMK) RI Nomor 58/KMK.02/2022 tentang Penetapan Kementerian Negara/Lembaga yang Diberikan Penghargaan atas Kinerja Anggaran Kementerian Negara/Lembaga TA 2021.
 
Menteri Keuangan dalam keynote speechnya menyampaikan bahwa APBN adalah sebuah instrumen penting dalam mencapai tujuan bernegara, yang harus responsif dan adaptif terhadap berbagai tantangan dan dinamika global. Pada tahun 2022 dunia masih menghadapi tantangan pandemi covid-19 dan situasi perang di Ukraina yang sangat berdampak pada kondisi perekonomian secara global maupun nasional.
 
“Untuk itu Kementerian/Lembaga harus dapat mendesain dan memanfaatkan APBN secara dinamis dan fleksibel agar dapat mengawal prioritas pemulihan ekonomi nasional dan menghasilkan output dan outcome yang dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat,” sebut Menkeu Sri Mulyani.
 
Menteri Keuangan mengapresiasi komitmen kementerian/lembaga dalam mengelola APBN untuk tercapainya tujuan pembangunan nasional dan mendorong agar kementerian/lembaga terus memperbaiki kinerja anggaran melalui perencanaan, pelaksanaan, monev dan pertanggungjawaban anggaran yang berkualitas serta berorientasi pada hasil.   
 
“Apresiasi kepada seluruh unit organisasi Pusat dan Perwakilan RI di luar negeri atas dukungan kinerja anggaran yang optimal sehingga mengantarkan Kemenlu memperoleh prestasi yang sangat baik ini. Di tahun anggaran 2022 Kemenlu terus berkomitmen agar pelaksanaan program dan kegiatan on-track untuk mencapai target output dan outcome yang telah ditetapkan,” pungkas pihak kementerian.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif