Peluncuran kerja sama pendidikan ASEAN-India Network of Universities (AINU): Faculty Exchange Programme (FEP) di Jakarta, Senin, 29 Agustus 2022. (Medcom.id / Marcheilla Ariesta)
Peluncuran kerja sama pendidikan ASEAN-India Network of Universities (AINU): Faculty Exchange Programme (FEP) di Jakarta, Senin, 29 Agustus 2022. (Medcom.id / Marcheilla Ariesta)

Perkuat Kemitraan Masyarakat, ASEAN-India Luncurkan Kerja Sama Pendidikan

Marcheilla Ariesta • 29 Agustus 2022 13:41
Jakarta: India dan ASEAN meluncurkan kerja sama pendidikan ASEAN-India Network of Universities (AINU): Faculty Exchange Programme (FEP). Kerja sama ini bertujuan meningkatkan hubungan antarmasyarakat melalui pendidikan.
 
"Saya menggarisbawahi pentingnya memperkuat ikatan antarmasyarakat, meningkatkan hubungan dan mobilitas masyarakat dalam membantu mengatasi tantangan regional dan global," ucap Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin, 29 Agustus 2022.
 
Sekjen Lim Jock Hoi mengaku senang karena kerja sama ASEAN dan India menyuguhkan platform kolaborasi masyarakat di bidang penelitian dan inovasi, penciptaan pengetahuan baru serta peningkatan kapasitas pemangku kepentingan pendidikan tinggi, termasuk fakultas dan peneliti dari ASEAN dan India.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jaringan ini diharapkan dapat memungkinkan pertukaran ide dari kedua belah pihak untuk memainkan peran penting dalam penelitian regional dan global," imbuhnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, Menteri Negara untuk Urusan Eksternal dan Pendidikan India, Rajkumar Ranjan Singh, mengapresiasi kerja sama ini. Menurutnya, kerja sama ini dapat membangun seluruh jaringan modal pengetahuan melalui strategi kemitraan antara lembaga akademik dan penelitian India di berbagai negara ASEAN.
 
"Peluncuran program ini dapat meningkatkan kemudahan untuk mengembangkan kerja sama kami dengan ASEAN," katanya.
 
Masih menurut Rajkumar, kolaborasi India dan ASEAN telah berkembang di luar dimensi ekonomi. Kerja sama tersebut mencakup beberapa aspek, seperti konektivitas, hubungan antarmasyarakat, serta aspek strategis dan keamanan pertahanan.
 
Selain itu, program ini juga dapat dijadikan 'investasi pendidikan' bagi pelajar India dan ASEAN. "Lewat program ini, kami menyambut pelajar asing dengan memberikan pendidikan yang lebih baik," serunya.
 
"AINU mengambil langkah pertama  untuk perkembangan kerja sama yang lebih baik bagi India dan ASEAN untuk menghadapi kerja tantangan global yang semakin berkembang," tutup Rajkumar.
 
Program ini bekerja sama dengan 10 Fakultas dari berbagai universitas di India dan ASEAN, salah satunya Universitas Nalanda. Adapun bidang yang menjadi fokus, antara lain sains dan teknologi, ekonomi biru, kemanusiaan, agama, budaya, perdamaian dan keamanan, hibgga perdagangan dan investasi.
 
Baca:  Menlu Singapura Optimis Integrasi Ekonomi India-ASEAN
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif