Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad ucapkan selamat ke Anwar Ibrahim. Foto: The Star
Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad ucapkan selamat ke Anwar Ibrahim. Foto: The Star

Mahathir Ucapkan Selamat Kepada Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri

Fajar Nugraha • 25 November 2022 13:05
Petaling Jaya: Mantan Perdana Menteri Malaysia Tun Dr Mahathir Mohamad mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Perdana Menteri yang baru diangkat Datuk Seri Anwar Ibrahim. Anwar adalah mantan wakilnya dan rival politik jangka panjang.
 
"Saya mengucapkan selamat kepada Datuk Seri Anwar Ibrahim atas pengangkatannya sebagai Perdana Menteri Malaysia ke-10. Semoga sukses," tulis Mahathir dalam Twitt nya, seperti dikutip The Star, Jumat 25 November 2022.
 
Pesan sederhana itu sangat penting bagi sejarah panjang keduanya, yang sangat membentuk karier politik Anwar.
 
Baca: Jokowi Jadi Kepala Negara Pertama yang Ucapkan Selamat ke Anwar Ibrahim
 
Anwar dipecat dari jabatan Kabinetnya oleh Dr Mahathir pada 1998, mengubahnya menjadi simbol Oposisi dalam semalam melalui gerakan Reformasi.
 
Sebagai Ketua Pakatan Harapan dan Presiden Parti Keadilan Rakyat (PKR) Anwar selalu menyatakan bahwa pemecatannya dan dakwaan pidana selanjutnya bermotivasi politik.
 
Namun Anwar dan Dr Mahathir bergandengan tangan pada 2017 di bawah panji Pakatan Harapan untuk menggulingkan pemerintahan Barisan Nasional yang berusia 60 tahun dalam Pemilihan Umum ke-14 pada 2018.
 
Dr Mahathir pada saat itu meninggalkan UMNO untuk bergabung dengan Oposisi dalam upaya untuk menjatuhkan Perdana Menteri keenam Datuk Seri Najib Razak atas skandal 1MDB.
 
Dr Mahathir kemudian menjadi Perdana Menteri ketujuh tetapi enggan mengizinkan Anwar untuk mengambil alih, meskipun Anwar mengklaim bahwa mentornya itu berjanji akan memberi jalan.
 
Setelah Sheraton Move pada Februari 2020, pemerintahan Pakatan Harapan runtuh, dan Anwar kembali menjadi pemimpin Oposisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif