Anwar Ibrahim menjadi PM ke-10 Malaysia./AFP
Anwar Ibrahim menjadi PM ke-10 Malaysia./AFP

Anwar Ibrahim: Saya Janji akan Memikul Tanggung Jawab Ini!

Marcheilla Ariesta • 24 November 2022 21:59
Petaling Jaya: Anwar Ibrahim resmi menjadi perdana menteri ke-10 Malaysia. Ia berjanji akan memikul posisi yang diberikan dengan penuh tanggung jawab.
 
"Saya akan memikul tanggung jawab berat ini bersama tim berdasarkan kemauan dan hati nurani rakyat," ujarnya dalam unggahan Twitter pertamanya setelah ia diambil sumpah sebagai Perdana Menteri Malaysia.
 
Dilansir dari The Star, Kamis, 24 November 2022, ketua Pakatan Harapan (PH) itu dilantik di hadapan Raja Malaysia pada pukul 17.00 waktu setempat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Anwar Ibrahim Resmi Jabat sebagai Perdana Menteri ke-10 Malaysia
 
Di pemilu ke-15 Malaysia (GE15), tidak ada pihak yang memperoleh kursi mayoritas untuk membentuk Pemerintah Federal yang baru. Tiga koalisi utama, yaitu Pakatan Harapan, Perikatan Nasional, dan Barisan Nasional, masing-masing memenangkan 82, 73, dan 30 kursi, menghasilkan Parlemen yang digantung.
 
Partai politik dan koalisi gagal mencapai konsensus setelah GE15 berakhir. Keputusan penunjukkan Anwar sebagai PM baru Malaysia dilakukan setelah pertemuan khusus hari ini antara Raja Malaysia dan para penguasa Melayu.
 
Pertemuan khusus diadakan untuk memungkinkan Yang di-Pertuan Agong meminta pendapat sesama penguasa tentang pembentukan pemerintahan baru.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif