Menlu Tiongkok Wang Yi siap rampungkan kode etik Laut China Selatan. Foto: AFP.
Menlu Tiongkok Wang Yi siap rampungkan kode etik Laut China Selatan. Foto: AFP.

Menlu Tiongkok Siap Rampungkan Kode Etik Laut China Selatan

Internasional laut china selatan tiongkok asean-tiongkok
Marcheilla Ariesta • 13 Januari 2021 20:27
Jakarta: Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi menegaskan negaranya siap bekerja sama dengan Indonesia dan negara ASEAN lainnya untuk merampungkan kode etik Laut China Selatan. Kode etik (CoC) ini dinilai sebagai pedoman seluruh negara bersikap atas perairan tersebut.
 
"Kami akan bekerja sama dengan negara ASEAN lain untuk secara penuh menerapkan kode etik dan merampungkan konsultasi kode etik tersebut, sejalan dengan hukum internasional yang dapat melindungi stabilitas dan perdamaian di Laut China Selatan," tutur Wang Yi dalam pernyataan pers bersama dengan Menlu Retno Marsudi di Jakarta, Rabu, 13 Januari 2021.
 
Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno dengan tegas meminta agar semua negara, termasuk Tiongkok, menghormati hukum internasional dalam bersikap di Laut China Selatan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya menyampaikan kembali mengenai pentingnya menjaga Laut China Selatan, sebagai laut yang damai dan stabil," tutur Retno.
 
Ia menambahkan, untuk mencapai hal tersebut, maka semua negara harus menghormati dan menjalankan hukum internasional, termasuk UNCLOS 1982.
 
Baca juga: UNCLOS Penting untuk Atur Sengketa Laut China Selatan
 
Selain itu, Retno dan Wang Yi juga membahas mengenai konsep dan implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific. Retno mengatakan ASEAN membuka diri untuk menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan negara mana pun.
 
"Tekad Indonesia untuk terus menjaga sentralitas ASEAN dalam pelaksanaannya," imbuh dia.
 
Kerja sama ini, kata Retno, akan terus didorong oleh ASEAN ke depan. Selain itu, sudah menjadi tekad ASEAN untuk menjadikan kawasan Indo-Pasifik sebagai wilayah yang stabil, damai, dan sejahtera.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif