Salah satu gugus pulau di Laut China Selatan yang dibangun pangkalan militer oleh Tiongkok. Foto: AFP
Salah satu gugus pulau di Laut China Selatan yang dibangun pangkalan militer oleh Tiongkok. Foto: AFP

UNCLOS Penting untuk Atur Sengketa Laut China Selatan

Marcheilla Ariesta • 16 Desember 2020 06:05
Jakarta: Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins menuturkan, hukum internasional sangat penting dalam dunia internasional. Hal ini termasuk hukum laut, salah satunya UNCLOS 1982.
 
Ia menuturkan Inggris sangat mendukung United Nations Convention for the Law of the Sea (UNCLOS), sebagai sistem peraturan dasar internasional untuk urusan kemaritiman.
 
"UNCLOS menjadi dasar legal hukum di lautan yang mengatur berbagai macam peraturan, seperti hukum bebas navigasi, kerja sama internasional, perlindungan wilayah laut, termasuk mengurusi masalah perselisihan di lautan," kata Dubes Jenkins dalam pembukaan diskusi Dispute Settlement in the Law of the Sea, yang digelar virtual, Selasa, 15 Desember 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan perselisihan di lautan ini merupakan masalah krusial bagi negara-negara kepulauan, salah satunya Indonesia. Ia berharap implementasi UNCLOS dalam sengketa perairan dapat terus ditegakkan.
 
Hal ini dibenarkan Duta Besar RI untuk Inggris, Desra Percaya. Menurutnya, UNCLOS berperan penting dalam mengatur sengketa yang terjadi di Laut China Selatan. Ia menegaskan setiap negara harus menghormati hukum laut tersebut.
 
"UNCLOS melindungi lingkungan laut kita, memberantas IUU Fishing, dan sebagai instrumen internasional untuk menyelesaikan sengketa," imbuhnya.
 
Keduanya berharap Indonesia dan Inggris bisa saling bekerja sama dalam hal pertukaran pikiran mengenai implementasi hukum internasional kelautan untuk menjaga kemaritiman dunia tetap damai.
 
Dubes Jenkins menuturkan Indonesia-Inggris memiliki hubungan kerja sama maritim yang erat, terlebih di bidang pertahanan. Angkatan Laut kedua negara bahkan memiliki nota kesepahaman (MoU) untuk memperkuat hubungan, baik itu pertukaran personel, maupun latihan bersama.

 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif