Sebuah sekolah di Abuyog, provinsi Leyte, Filipina terendam banjir yang dipicu terjangan Badai Tropis Megi, 11 April 2022. (Bobbie ALOTA / AFP)
Sebuah sekolah di Abuyog, provinsi Leyte, Filipina terendam banjir yang dipicu terjangan Badai Tropis Megi, 11 April 2022. (Bobbie ALOTA / AFP)

Korban Tewas Badai Filipina Jadi 167 Orang, 110 Masih Hilang

Internasional topan badai filipina Hujan Deras Badai Tropis Megi
Willy Haryono • 16 April 2022 13:40
Manila: Jumlah korban tewas banjir dan tanah longsor di Filipina yang dipicu terjangan Badai Tropis Megi telah bertambah menjadi 167 orang, dengan 110 lainnya masih dinyatakan hilang hingga Sabtu, 16 April 2022.
 
Dewan Manajemen dan Pengurangan Risiko Bencana Nasional Filipina melaporkan bahwa 164 orang meninggal akibat dampak Megi di Filipina tengah, sementara tiga lainnya di wilayah selatan. Dilaporkan juga masih adanya 110 orang hilang di Filipina tengah.
 
Megi, atau biasa juga disebut Agaton dalam bahasa lokal, membawa hujan deras ke wilayah tengah dan selatan Filipina sejak 10 April.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari Xinhua, guyuran hujan ini memicu banjir dan longsor di banyak tempat, termasuk sejumlah desa di Baybay City dan Abuyog di provinsi Leyte.
 
Jumat kemarin, Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengunjungi Leyte dan menyalurkan bantuan kepada para penyintas. Ia juga melakukan inspeksi udara terhadap beberapa desa yang terkubur material longsor.
 
Filipina tengah adalah wilayah yang sering dilewati topan badai pada setiap tahunnya. Wilayah tersebut terkadang disebut sebagai pintu gerbang masuknya badai ke area-area lain di Filipina.
 
Banjir dan tanah longsor di Filipina sering terjadi sepanjang musim hujan, terutama saat badai atau siklon tropis datang menerjang.
 
Dalam setiap tahunnya, Filipina biasa diterjang sekitar 20 topan dan badai. Filipina terletak di sabuk topan Pasifik, menjadikannya salah satu negara paling rentan terkena bencana alam.
 
Baca:  Korban Tewas Badai Filipina Bertambah Jadi 123 Orang
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif