Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian. (AFP)
Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian. (AFP)

Indo-Pasifik Hingga Kemaritiman Jadi Fokus Kunjungan Menlu Prancis ke Indonesia

Marcheilla Ariesta • 23 November 2021 14:43
Jakarta: Menteri Luar Prancis Jean-Yves Le Drian akan melakukan lawatan resmi ke Indonesia pada 23-24 November 2021. Ini kunjungan pertamanya ke Asia Tenggara sejak awal pandemi Covid-19 tahun lalu.
 
Le Drian dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo. Dalam pertemuan tersebut, ia akan menegaskan kembali komitmen Prancis di kawasan Indo-Pasifik.
 
"Serta keinginannya untuk membangun kemitraan keberlanjutan dengan Indonesia, negara yang berada di jantung strategi Prancis di wilayah Indo-Pasifik," kata Kedutaan Besar Prancis di Jakarta dalam sebuah pernyataan, Selasa, 23 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:  Jokowi Apresiasi Progres Kerja Sama Pertahanan Indonesia-Prancis
 
Le Drian juga akan bertemu Menlu RI Retno Marsudi dalam rangka konsultasi politik tingkat menteri. Dalam pertemuannya, akan dibahas penguatan kerja sama di berbagai bidang, seperti keamanan, multilateralisme, dan kemaritiman.
 
"Kerja sama di bidang-bidang baru - kesehatan, digital - juga akan ditandatangani," kata mereka.
 
Ia juga dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan. Pertemuan keduanya akan menjadi kesempatan untuk mengumumkan secara khusus edisi pertama dialog kemaritiman Prancis-Indonesia.
 
"Guna mendukung Indonesia dalam transisi ekologinya, Badan Prancis untuk Pembangunan (AFD) akan mendanai proyek energi terbarukan senilai 500 juta Euro," lanjut Kedubes Prancis.
 
Pihak kedutaan juga mengatakan bahwa sebuah pernyataan kehendak juga secara khusus akan ditandatangani bersama Perusahaan Listrik Negara (PLN).
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif