Presiden Jokowi bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron/AFP/Eliot Blondet.
Presiden Jokowi bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron/AFP/Eliot Blondet.

Jokowi Apresiasi Progres Kerja Sama Pertahanan Indonesia-Prancis

Theofilus Ifan Sucipto • 30 Oktober 2021 19:00
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi progres kerja sama pertahanan Indonesia-Prancis. Hal itu disampaikan Jokowi saat bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron di Roma, Italia.
 
“Saya menyambut baik kemajuan kerja sama pertahanan Indonesia-Prancis,” kata Jokowi dalam pertemuan, Sabtu, 30 Oktober 2021.
 
Jokowi mengatakan kerja sama pertahanan kedua negara terjalin sejak Juni 2021. Kala itu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mewakili Indonesia menandatangani perjanjian kerja sama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Jokowi Ikuti Sesi Ekonomi Hingga Pertemuan Bilateral di KTT G20
 
“Investasi Prancis pada industri alutsista (alat utama sistem pertahanan) di Indonesia juga akan sangat diapresiasi,” papar Kepala Negara.
 
Jokowi dan Macron juga membahas perubahan iklim dan implementasi Perjanjian Paris. Indonesia sudah menjalankan Perjanjian Paris dengan konsisten.
 
“Indonesia sejauh ini sudah berada di track yang benar. Indonesia juga menargetkan net zero emission tahun 2060 atau lebih awal dengan dukungan internasional,” tutur Jokowi.
 
Menurut Kepala Negara, kasus kebakaran hutan Indonesia berada pada titik paling rendah dalam 20 tahun. Padahal, sejumlah negara tengah mengalami lonjakan kasus kebakaran hutan.
 
“Saya akan merestorasi hutan bakau hingga 600 ribu hektare dalam tiga tahun ke depan. Ini akan menjadi konservasi hutan mangrove terbesar di dunia,” jelas Presiden.
 
Selain itu, Jokowi menjelaskan Presidensi Indonesia di G20 pada 2022 bakal mengutamakan inklusivitas dalam pemulihan ekonomi dunia pascapandemi. Dia berharap Prancis turut menyukseskan Presidensi Indonesia.
 
“Ini akan menjadi momen strategis kerja sama Indonesia-Prancis, baik dalam konteks bilateral, ASEAN-UE, maupun G20-UE,” ucap Jokowi.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif