Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana. (Medcom.id)
Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana. (Medcom.id)

Hikmahanto: Langkah Kemenlu Panggil Dubes Inggris Terkait LGBT Sudah Tepat

Willy Haryono • 24 Mei 2022 07:00
Jakarta: Kementerian Luar Negeri telah memanggil Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins untuk meminta klarifikasi dari pengibaran bendera pelangi simbol lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) di Kedubes Inggris.
 
Pengibaran yang dilakukan Kedubes Inggris pekan kemarin itu memicu kontroversi di tengah masyarakat Indonesia.
 
"Tindakan Kemenlu sudah tepat sebagai langkah yang berlaku dalam tata krama diplomatik," ucap Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana, dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Selasa, 24 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam kesempatan tersebut, ungkapnya, Kemenlu tidak saja mendengar klarifikasi yang disampaikan, tetapi juga memperingatkan Dubes Inggris untuk menghormati nilai-nilai negara penerima, dalam hal ini adalah Indonesia.
 
Hikmahanto mengatakan Kemenlu sebagai representasi negara Indonesia tentu berharap Kedubes Inggris tidak akan mengulang kembali pengibaran bendera LGBT di masa mendatang.
 
"Bagi Dubes Inggris, pascapemanggilan oleh Kemenlu akan lebih bijak bila melakukan permintaan maaf secara terbuka kepada masyarakat Indonesia," sebut Hikmahanto.
 
"Tujuannya, agar hubungan Indonesia-Inggris bisa kembali normal pascapengibaran bendera LGBT," pungkas Rektor Universitas Jenderal A Yani itu.
 
Baca:  Hikmahanto: Alasan Pengibaran Bendera LGBT di Kedubes Inggris 'Absurd'
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif