Komisioner Tinggi HAM PBB Michele Bachelet. (Foto: AFP)
Komisioner Tinggi HAM PBB Michele Bachelet. (Foto: AFP)

Komisioner HAM PBB akan Kunjungi Venezuela

Internasional konflik venezuela venezuela
Willy Haryono • 15 Juni 2019 12:12
New York: Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa Michele Bachelet akan mengunjungi Venezuela pada Rabu 19 Juni mendatang. Di sana, Bachelet akan bertemu Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan juga pemimpin oposisi Juan Guaido.
 
Kunjungan dilakukan dalam rangka mengetahui kondisi sebenarnya di Venezuela, negara yang sejak beberapa bulan terakhir diguncang krisis ekonomi dan politik. Menurut keterangan pers dari kantor Bachelet, lawatan Komisioner Tinggi HAM ke Venezuela berlangsung dari tanggal 19 hingga 21 Juni.
 
Selain Maduro dan Guaido, Bachelet juga akan bertemu sejumlah anggota Majelis Nasional dan ketua mahkamah konstitusi serta jaksa agung Venezuela.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bachelet akan bertemu para korban pelanggaran HAM beserta keluarga mereka masing-masing dan juga anggota masyarakat sipil Venezuela," tulis keterangan pers kantor Komisioner Tinggi HAM PBB, dikutip dari laman Voice of America, Jumat 14 Juni 2019.
 
Krisis politik di Venezuela memanas usai Guaido mendeklarasikan diri sebagai presiden interim pengganti Maduro pada Januari lalu. Guaido menilai periode kedua kepemimpinan Maduro tidak sah karena pemilihan umum berlangsung inkonstitusional.
 
Sejak deklarasi Guaido, puluhan negara termasuk Amerika Serikat mendukung sang tokoh oposisi. Namun Maduro tetap kokoh sebagai preside karena didukung sebagian besar elemen militer Venezuela dan juga beberapa negara besar seperti Rusia dan Tiongkok.
 
Dalam beberapa tahun terakhir, Venezuela dilanda inflasi tinggi, pemadaman listrik berskala masif dan krisis pasokan makanan serta berbagai kebutuhan pokok. Krisis ekonomi tersebut telah membuat lebih dari tiga juta warga Venezuela melarikan diri ke beberapa negara lain.
 
Baca:Venezuela Tangkap 17 Orang atas Percobaan Kudeta
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif