Krisis di Venezuela masih terus berlanjut. (Foto: AFP)
Krisis di Venezuela masih terus berlanjut. (Foto: AFP)

Mengaku Tak Digaji, Dubes Venezuela di Italia Undur Diri

Internasional konflik venezuela venezuela
Sonya Michaella • 22 Mei 2019 09:11
Roma: Duta Besar Venezuela untuk Italia Isaias Rodriguez mengundurkan diri dari jabatannya. Ia mengaku sudah tidak lagi mendapat gaji di tengah krisis ekonomi negaranya.
 
Dalam konferensi pers di Roma, Rodriguez mengatakan akibat adanya sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap Venezuela, pemerintah tidak dapat menggaji para diplomat yang ditempatkan di luar negeri, termasuk di kedutaan besar di Roma.
 
"Kesulitan keuangan pemerintah mengakibatkan saya juga ikut berutang sebesar 9 juta Euro," kata Rodriguez, dikutip dari Guardian, Rabu 22 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lewat sebuah surat yang ditujukan oleh Presiden Nicolas Maduro, Rodriguez menyampaikan rasa hormatnya kepada upaya Maduro melawan AS. Namun, sanksi yang kini terpahat di Venezuela, membuat negara itu tak bisa apa-apa.
 
Baca:Palsukan Identitas, Peru Usir 40 Migran Venezuela
 
Pemerintah AS menjatuhkan sanksi keuangan kepada Maduro setelah pemilihan badan legislatif baru untuk merancang ulang konstitusi negara. AS sendiri mendukung penuh oposisi Venezuela, Juan Guaido.
 
"Sanksi tersebut berdampak besar kepada anggaran pemerintah dan kedubes-kedubes di luar negeri," ujar mantan Wakil Presiden Venezuela era Hugo Chavez ini.
 
Rodriguez mengaku menjual mobilnya untuk menggaji para staf Kedubes Venezuela di Roma, dan bahkan menjual pakaian untuk bertahan hidup.
 
Krisis di Venezuela yang berkelanjutan kini dinilai semakin parah. Adanya bentrok antara pemerintah dan oposisi membuat ekonomi negara tersebut semakin terpuruk.
 
Menurut PBB, tiga juta warga Venezuela pun terpaksa angkat kaki dari Caracas untuk bermigrasi ke negara lain seperti Peru dan Ekuador serta Kolombia. Tercatat, sekitar 700 ribu warga Venezuela tinggal di Peru sejak satu tahun lalu.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif