Menlu Kanada Chrystia Freeland. (Foto: AFP)
Menlu Kanada Chrystia Freeland. (Foto: AFP)

Tak Diberi Visa, Kanada Tangguhkan Operasi Kedubes di Venezuela

Internasional konflik venezuela venezuela politik kanada
Sonya Michaella • 03 Juni 2019 09:34
Ottawa: Pemerintah Kanada segera menangguhkan operasi kedutaan besarnya di Venezuela karena sejumlah diplomatnya tidak dapat memperoleh visa.
 
"Rezim Nicolas Maduro telah mengambil langkah yang cukup buruk dengan membatasi kedutaan asing berfungsi di Venezuela," kata Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland, dikutip dari AFP, Senin 3 Juni 2019.
 
Kanada adalah satu dari sekian negara yang mengikuti jejak Amerika Serikat (AS) mengakui kepemimpinan tokoh oposisi Venezuela, Juan Guaido. Kanada juga menuntut Maduro segera mengundurkan diri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mulai akhir bulan ini, diplomat Kanada di Venezuela tidak akan lagi dalam posisi mendapatkan akreditasi diplomatik di bawah rezim Maduro dan visa mereka akan habis," ucap Freeland.
 
Baca:Mengutang, Kedubes Venezuela di Canberra Dituntut ke Pengadilan
 
Akibatnya, Kanada akan menangguhkan operasi kedutaan besarnya untuk sementara waktu. Kanada juga akan mengevaluasi status para diplomat Venezuela yang ditempatkan di Kanada.
 
Sementara itu, Kementerian Informasi Venezuela dan juga Kementerian Luar Negeri Venezuela tidak memberikan komentar apapun terkait langkah Kanada ini.
 
Venezuela kini masih dilanda krisis ekonomi akibat ketidakpastian politik pimpinan Maduro. Sebaliknya, sejumlah perwakilan Venezuela di negara-negara lain juga bermasalah.
 
Kedubes Venezuela di Italia, misalnya, yang tidak mampu membayar sewa sehingga duta besarnya terpaksa mengundurkan diri. Dia mengaku menggunakan uang pribadinya untuk menggaji para diplomat di Roma dan membayar uang sewa gedung kedubes.
 
Di Canberra, Australia, kedubes Venezuela dituntut ke pengadilan oleh satu keluarga karena tidak menunggak pembayaran sewa dua gedung yang digunakan untuk operasional kedubes.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif