Bendera Venezuela. (Foto: AFP)
Bendera Venezuela. (Foto: AFP)

Venezuela Tutup Tiga Konsulat di Kanada

Internasional konflik venezuela venezuela politik kanada
Sonya Michaella • 10 Juni 2019 07:01
Caracas: Kementerian Luar Negeri Venezuela akhirnya menutup semua kantor konsulat di Kanada. Tiga konsulat tersebut berlokasi di Vancouver, Toronto dan Montreal.
 
Ditutupnya tiga konsulat tersebut, Venezuela hanya menyisakan kantor kedutaan besarnya di Ottawa untuk menangani segala urusan diplomatik di Kanada.
 
"Keputusan penutupan tiga kantor konsulat sebagai respons atas penutupan Kedubes Kanada di Caracas," sebut pengumuman Kemenlu Venezuela, dikutip dari AFP, Senin 10 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejak awal Juni, Kanada memang menangguhkan operasi perwakilannya di Caracas. Hal ini disebabkan sejumlah diplomat Kanada tak bisa memperoleh visa Venezuela dan negara tersebut dianggap membatasi gerak operasional diplomatik Kanada.
 
Baca:Tak Diberi Visa, Kanada Tangguhkan Operasi Kedubes di Venezuela
 
Kanada merupakan satu dari sekian negara yang mengikuti jejak Amerika Serikat (AS) mendukung tokoh oposisi Venezuela, Juan Guaido dan menentang Presiden Nicolas Maduro.
 
"Keputusan Kanada untuk menutup kedubesnya di Caracas jauh dari masalah administrasi dan lebih kepada keputusan politik yang mencerminkan permusuhan berkelanjutan dari pemerintah Kanada terhadap Venezuela," lanjut pernyataan itu.
 
Venezuela kini masih dilanda krisis ekonomi akibat ketidakpastian politik pimpinan Maduro. Sebaliknya, sejumlah perwakilan Venezuela di negara-negara lain juga bermasalah.
 
Kedubes Venezuela di Italia, misalnya, yang tidak mampu membayar sewa sehingga duta besarnya terpaksa mengundurkan diri. Dia mengaku menggunakan uang pribadinya untuk menggaji para diplomat di Roma dan membayar uang sewa gedung kedubes.
 
Di Canberra, Australia, kedubes Venezuela dituntut ke pengadilan oleh satu keluarga karena tidak menunggak pembayaran sewa dua gedung yang digunakan untuk operasional kedubes.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif