Pesawat jet tempur Su-24x buatan Rusia. (Foto: AFP)
Pesawat jet tempur Su-24x buatan Rusia. (Foto: AFP)

Rusia Bombardir Empat RS di Suriah dalam 12 Jam

Internasional krisis suriah rusia
Willy Haryono • 14 Oktober 2019 06:41
New York: Pesawat tempur Rusia telah membombardir empat rumah sakit di wilayah pemberontak di Suriah dalam kurun waktu 12 jam tahun ini. Demikian disampaikan surat kabar The New York Times pada Minggu 13 Oktober 2019.
 
NY Times menyebut serangan di empat RS itu dilakukan Rusia pada Mei lalu. Nabad al Hayat Surgical Hospital adalah salah satu rumah sakit tersebut, yang terkena serangan Rusia sejak 5 Mei.
 
Masih dari keterangan NY Times, menara pengawas Rusia memberikan koordinat yang akurat mengenai lokasi rumah sakit ke pilot pesawat tempur. Menara kemudian mempersilakan sang pilot untuk menggempur rumah sakit tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejumlah jurnalis lokal merekam momen kala itu, saat tiga bom dijatuhkan dari pesawat dan mendarat di bagian atap rumah sakit.
 
Kafr Nabl Surgical Hospital -- yang berjarak hanya beberapa kilometer dari rumah sakit pertama -- terkena serangan Rusia tak lama setelahnya.
 
Kafr Zita Cave Hospital dan Al Amal Orthopedic Hospital juga dibombardir Rusia. Keempat rumah sakit itu dibombardir, meski telah menyerahkan koordinat lokasi mereka ke Perserikatan Bangsa-Bangsa.
 
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengumumkan bulan lalu bahwa dirinya telah melancarkan investigasi internal mengenai pengeboman di empat rumah sakit di Suriah.
 
Sejumlah fasilitas medis terkait PBB juga telah rusak atau hancur akibat terkena bom tahun ini. Rusia membantah secara sengaja telah menyerang sejumlah fasilitas publik di Suriah.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif