Meksiko akan Lelang Pesawat Kepresidenan
Rupa pesawat kepresidenan Meksiko. (Foto: Alejandro Cegarra/Bloomberg)
Mexico City: Usai dilantik sebagai presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez berencana untuk menjual pesawat kepresidenan. Langkah ini adalah wujud dari janji pada masa kampanye dahulu.

Tak hanya pesawat presiden, Pemerintah Meksiko yang baru juga berencana menjual 60 pesawat milik pemerintah federal dan 70 helikopter.

Keinginan ini murni datang dari Lopez. Ia mengatakan, dirinya lebih suka bepergian menggunakan pesawat komersil. 


Pesawat kepresidenan terakhir kali terbang ke Argentina dan membawa mantan Presiden Enrique Pena Nieto menghadiri KTT G20. 

"Jet akan masuk tempat perawatan dan siap untuk dijual. Bank Pembangunan Meksiko Barnobas akan membeli jet tersebut dari pabrik Boeing," kata sumber pemerintah yang tak mau disebutkan namanya, dikutip dari AFP, Selasa 4 Desember 2018.

Belum diketahui berapa harga yang ditawarkan untuk pesawat kepresidenan yang dibeli seharga USD218 juta atau setara dengan Rp3,1 triliun, beberapa tahun lalu.

Pada saat dilantik, Lopez berjanji akan memperbaiki permasalahan yang terjadi di Meksiko terutama soal kriminalitas, kesenjangan dan korupsi.

Salah satunya adalah ia mengutarakan niatnya untuk melelang pesawat kepresidenan karena ia tak membutuhkannya dan hanya memboroskan dana. 



(DRI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id