Lava menyembur dari retakan Fissure 8 Gunung Kilauea di Hawaii. (Foto: AFP)
Lava menyembur dari retakan Fissure 8 Gunung Kilauea di Hawaii. (Foto: AFP)

Lava Gunung Kilauea Hancurkan Sekolah dan Taman

Internasional gunung berapi
Arpan Rahman • 14 Juli 2018 18:03
Honolulu: Lava dari Gunung Kilauea di Hawaii menghancurkan sebuah sekolah dan taman pekan ini. Total bangunan yang hancur akibat lava Kilauea sejak Mei lalu menjadi lebih dari 700 unit, menurut data terbaru Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).
 
Sepuluh pekan sejak erupsi pertama Kilauea di Big Island Hawaii, area bernama Fissure 8 masih menumpahkan lava menuju ke arah lautan.
 
Observatorium Gunung Api Hawaii (HVO) mengatakan lava dari Fissure 8 meluap pada Rabu kemarin dan mengalir via saluran terpisah. Aliran itu menghancurkan Sekolah Charter Kua O Ka La dan Taman Pantai Ahalanui Count, sebelum akhirnya mengalir ke lautan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kamis sore, letusan terjadi di puncak Kilauea dengan kekuatan setara gempa 5,3 Skala Richter. Ledakan semacam itu diperkirakan dapat terjadi lagi.
 
HVO menyeb7ut emisi sulfur dioksida dari Kilauea tergolong rendah. Dilansir dari UPI, Sabtu 13 Juli 2018, Badan Cuaca Nasional (NWS) mengatakan kawasan Kilauea diperkirakan dihantam badai petir dan peningkatan hujan selama akhir pekan.
 
Erupsi Kilaue telah membuat ribuan orang mengungsi dari Big Island.
 
Wali Kota Hawaii, Harry Kim, pekan lalu mengumumkan keadaan darurat untuk 60 hari ke depan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi