Tokoh oposisi Venezuela Juan Guaido. (Foto: AFP
Tokoh oposisi Venezuela Juan Guaido. (Foto: AFP

Guaido Ingin Jalin Hubungan dengan Militer AS

Internasional konflik venezuela venezuela
Willy Haryono • 12 Mei 2019 12:05
Caracas: Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido menginstruksikan utusannya untuk menjalin relasi dengan militer Amerika Serikat. Ini merupakan langkah baru Guaido dalam menekan Presiden Venezuela Nicolas Maduro untuk mundur dari jabatannya.
 
Menurut laporan kantor berita Voice of America, Minggu 12 Mei 2019, Guaido meminta Carlos Vecchio, yang diakui sebagai Duta Besar Venezuela untuk AS, untuk menghubungi pihak militer Negeri Paman Sam sesegera mungkin.
 
Seruan disampaikan Guaido dalam sebuah gerakan massal di Caracas pada Sabtu 11 Mei. Demonstrasi digelar setelah wakil Guaido, Edgar Zambrano, ditangkap otoritas intelijen Venezuela pada Rabu 8 Mei. Zambrano ditangkap atas tuduhan mendukung percobaan kudeta terhadap Maduro.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Zambrano, Wakil Presiden Majelis Nasional Venezuela, saat ini ditahan di pangkalan militer Fuerte Tiuna di Caracas.
 
Merespons penangkapan Zambrano, Guaido menegaskan tidak ada yang bisa menghentikan oposisi dalam mendepak Maduro dan menggelar pemilihan umum yang bebas dan adil.
 
Guaido telah mendeklarasikan diri sebagai presiden interim pengganti Maduro pada Januari lalu. Deklarasi ini, yang diakui puluhan negara termasuk AS, adalah penyebab utama konflik politik terbaru di Venezuela.
 
Meski terus ditekan Guaido dan juga sejumlah pihak lain, Maduro tetap menjabat presiden karena masih mendapat dukungan kuat dari sebagian besar elemen militer Venezuela. Maduro juga didukung beberapa negara besar seperti Rusia dan Tiongkok.
 
Pekan kemarin, Maduro meminta pasukannya untuk "bersiap" menghadapi kemungkinan adanya intervensi militer dari AS. Seruan dilontarkan Maduro saat kubu oposisi mendatangi sejumlah barak militer untuk mendapatkan dukungan dari angkatan bersenjata.
 
Selama ini, Maduro menuduh pemerintah AS mencoba mendorong terjadinya kudeta terhadap dirinya. Ia menuding AS menggunakan Guaido untuk mendepaknya dari kursi kepresidenan.
 
Baca:Maduro Minta Militer Bersiap Hadapi Ancaman Intervensi AS

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif