Presiden AS Donald Trump berada di Rose Garden, Gedung Putih, Washington, 26 November 2019. (Foto: AFP/SAUL LOEB)
Presiden AS Donald Trump berada di Rose Garden, Gedung Putih, Washington, 26 November 2019. (Foto: AFP/SAUL LOEB)

Trump dan Pengacara Tidak Akan Hadiri Sidang Pemakzulan

Internasional donald trump Pemakzulan Trump
Willy Haryono • 02 Desember 2019 11:51
Washington: Gedung Putih mengatakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan tim pengacaranya tidak akan menghadiri sidang perdana pemakzulan di Dewan Perwakilan Rakyat pada Rabu mendatang.
 
"Trump tidak dapat berpartisipasi," kata penasihat Gedung Putih Pat Cipollone dalam sebuah surat yang dikirimkan untuk Komite Peradilan DPR AS.
 
Pekan kemarin, Ketua Komite Peradilan DPR AS Jerrold Nadler mengatakan bahwa Trump memiliki dua opsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Presiden harus memilih. Dia bisa menggunakan kesempatan untuk hadir dalam sidang pemakzulan, atau juga bisa berhenti mengeluh mengenai semua ini," tegas Nadler.
 
Meski menolak hadir di DPR AS pada Rabu mendatang, Trump dan Gedung Putih tidak menyebutkan mengenai kehadiran pada sidang kedua yang hingga kini jadwalnya belum ditentukan. Gedung Putih menyebut akan mengeluarkan respons terpisah mengenai undangan sidang kedua.
 
Dirilis media Politico, surat penolakan dari Gedung Putih menuding Komite Peradilan DPR AS "secara fundamental bertindak tidak adil" terkait sidang pemakzulan Trump.
 
Dikutip dari BBC, Cipollone mengeluhkan bahwa Komite Peradilan DPR AS telah memanggil tiga saksi dalam kasus pemakzulan Trump, sementara Partai Republik hanya diizinkan menghadirkan satu orang.
 
Ia membantah klaim Nadler bahwa proses penyelidikan terhadap Trump "konsisten" dengan sejarah kasus pemakzulan di AS. Cipollone menilai bahwa proses penyelidikan pemakzulan terhadap Bill Clinton di tahun 1998 berjalan lebih adil ketimbang kasus Trump.
 
Agar Trump bisa hadir dalam sidang, lanjut Cipollone, maka Nadler harus memastikan bahwa keseluruhan proses berjalan "adil."
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif