Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan istrinya. (Foto: AFP)
Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan istrinya. (Foto: AFP)

Maduro Minta Militer Cegah Upaya Kudeta

Internasional konflik venezuela venezuela
Sonya Michaella • 03 Mei 2019 08:42
Caracas: Presiden Venezuela Nicolas Maduro meminta militer untuk mendukung dirinya menentang segala upaya kudeta yang melengserkan dirinya. Upaya kudeta ini ia sebut datang dari pemimpin oposisi Juan Guaido.
 
Sebelumnya, Guaido sempat meminta militer untuk mendukungnya melawan Maduro. Atas seruan ini, Maduro mengklaim telah berhasil menggagalkan upaya kudeta.
 
"Kita dalam pertempuran, kita harus melucuti setiap pengkhianat dan komplotan kudeta," kata Maduro yang berpidato dikelilingi tentara Venezuela, dikutip dari AFP, Jumat, 3 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam pidatonya tersebut, Maduro mengklaim ada 4.500 personel militer yang hadir dan mendukung posisinya. Maduro menegaskan para perancang kudeta ini tidak akan dibiarkan begitu saja dan dipastikan menghadapi jeratan hukum "atas kejahatan yang telah mereka lakukan terhadap konstitusi".
 
Baca:Oposisi Serukan Militer Segera Gulingkan Maduro
 
Sementara itu Guaido berkukuh bahwa yang tengah berlangsung di Venezuela saat ini adalah "pemberontakan damai," bukan kudeta militer. Ia menyerukan para pendukungnya untuk kembali turun ke jalan pada Rabu ini, yang bertepatan dengan Hari Buruh Internasional.
 
Sejak Guaido menyatakan diri sebagai presiden sementara, lebih dari 50 negara mendukungnya, termasuk Amerika Serikat. Meski demikian, Maduro juga masih memiliki pendukung yang setia, salah satunya Rusia.
 
Akibat krisis ekonomi ini, Venezuela kerap dilanda pemadaman listrik di banyak wilayah, termasuk Caracas.
 
Hilangnya aliran listrik terjadi secara berkala di Venezuela sejak pemadaman berskala masif pada 7 Maret 2019. Kala itu, pemadaman berlangsung selama lima hari, dan pemerintahan Maduro terpaksa menyalurkan listrik dengan sistem pembagian jatah.

 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif