Pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido. (Foto: AFP)
Pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido. (Foto: AFP)

Oposisi Serukan Militer Segera Gulingkan Maduro

Internasional konflik venezuela venezuela
Sonya Michaella • 01 Mei 2019 05:30
Caracas: Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido menyerukan militer segera menggulingkan Presiden Nicolas Maduro. Akibatnya, sejumlah pria bersenjata berseragam militer yang mendukung Guaido bentrok dengan militer pendukung Maduro.
 
"Saya telah memulai 'fase terakhir' dari kampanye untuk menjatuhkan Maduro. Saya menyerukan rakyat Venezuela dan militer untuk mendukung saya," kata Guaido, dikutip dari AFP, Rabu 1 Mei 2019.
 
Sementara itu, Menteri Pertahanan Vladimir Padrino menyebut kondisi ini sebagai gerakan kudeta. Namun, usai Guaido menyerukan pemberontakan, terpantau tidak ada aktivitas militer lainnya dan tidak ada korban jatuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejak Guaido menyatakan diri sebagai presiden sementara, lebih daru 50 negara mendukungnya, termasuk Amerika Serikat. Meski demikian, Maduro juga masih memiliki pendukung yang setia, salah satunya Rusia.
 
Baca:Maduro Tuduh AS Ingin Memperbudak Venezuela
 
Akibat krisis ekonomi ini, Venezuela kerap dilanda pemadaman listrik di banyak wilayah, termasuk Caracas.
 
Hilangnya aliran listrik terjadi secara berkala di Venezuela sejak pemadaman berskala masif pada 7 Maret 2019. Kala itu, pemadaman berlangsung selama lima hari, dan pemerintahan Maduro terpaksa menyalurkan listrik dengan sistem pembagian jatah.
 
Karena tidak adanya aliran listrik, pasokan air bersih di banyak wilayah di Venezuela juga terganggu. Begitu juga dengan sektor lainnya seperti transportasi dan komunikasi.
 
Oposisi di bawah Guaido menilai pemadaman ini terjadi karena pemerintahan Maduro gagal memelihara infrastruktur krusial seperti kelistrikan dan perairan. Ia bertekad akan terus menekan Maduro terkait masalah pemadaman ini.

 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif