NASA Segera Luncurkan Satelit Menuju Matahari
Ilustrasi saat satelit NASA berada di atmosfer terluar matahari. (Foto: NASA-JHU-APL)
Florida: Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berencana mengirim sebuah satelit ke arah matahari pada Minggu 12 Agustus 2018 pagi waktu setempat.

Satelit bernama Parker Solar Probe ini awalnya dijadwalkan diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida, pada Sabtu. Namun pemeriksaan di detik-detik terakhir menjadikan peluncuran ditunda selama 24 jam.

Seperti dikutip dari BBC, Parker Solar Probe akan diluncurkan dengan roket Delta-IV Heavy.


Nantinya satelit ini akan masuk ke atmosfer terluar dari matahari alias corona. Parker Solar Probe diharapkan dapat mengambil banyak data untuk menguak misteri matahari -- dengan asumsi bisa bertahan dalam temperatur di atas 1000 derajat Celcius.

Mengapa Misi Ini Penting?

Parker Solar Probe akan membantu ilmuwan lebih memahami seluk beluk matahari. Pusat dari tata surya ini secara konstan membombardir Bumi dengan partikel dan medan magnetik.

Aliran partikel dan medan magnetik tersebut, atau biasa juga disebut "Angin Matahari," adalah penyebab munculnya aurora di daerah kutub dan beragam fenomena alam lainnya.

"Angin Matahari" terbesar dapat mengganggu medan magnetik Bumi, yang berujung pada terganggunya jaringan komunikasi, satelit dan listrik.

Para ilmuwan selama ini berusaha memprediksi kedatangan "Angin Matahari," dan Parker menjanjikan informasi baru untuk membantu mereka.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id