Menhan interim AS Patrick Shanahan dalam sebuah acara di Washington, 14 Juni 2019. (Foto: AFP/ERIC BARADAT)
Menhan interim AS Patrick Shanahan dalam sebuah acara di Washington, 14 Juni 2019. (Foto: AFP/ERIC BARADAT)

AS Sepakati Pengiriman Tambahan 1.000 Prajurit ke Timteng

Internasional amerika serikat nuklir iran iran
Willy Haryono • 18 Juni 2019 07:56
Washington: Amerika Serikat mengaku telah menyepakati pengiriman tambahan 1.000 tambahan personel militer ke Timur Tengah, Senin 17 Juni 2019. Pengumuman disampaikan di tengah ketegangan AS dengan Iran.
 
Menteri Pertahanan interim Patrick Shanahan mengatakan para prajurit itu dikirim "untuk memperkuat pertahanan udara, air dan darat" dari ancaman di Timur tengah.
 
"Serangan terbaru Iran dan grup-grup proksinya mengancam personel militer Amerika Serikat dan juga kawasan," sebut Shanahan, merujuk pada penyerangan terhadap dua kapal tanker di Teluk Oman pekan kemarin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


AS menyalahkan Iran berada di balik penyerangan dua tanker tersebut. Iran membantah keras tudingan yang disebut sebagai "tak berdasar."
 
"Kami tidak ingin terlibat konflik dengan Iran. Namun pengiriman pasukan dilakukan untuk memastikan keselamatan personel militer kami di kawasan, dan juga demi melindungi kepentingan Amerika," tutur Shanahan, dikutip dari laman AFP.
 
Hubungan Washington dengan Teheran memburuk sejak Presiden AS Donald Trump menarik diri dari perjanjian nuklir 2015. Ketegangan diperburuk sanksi ekonomi terhadap Iran dan juga pengiriman pasukan ke Timur Tengah.
 
Selain itu, AS juga telah menyatakan Garda Revolusioner Iran sebagai sebuah organisasi teroris.
 
Bulan lalu, Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan dirinya mendukung adanya pembicaraan dengan Amerika Serikat, namun tidak untuk saat ini.
 
"Situasi terkini tidak cocok untuk pembicaraan dengan AS dan pilihan kami yang paling baik adalah perlawanan," kata Rouhani.
 
Baca:Iran Pilih Lawan AS Daripada Dialog
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif