Area perbatasan AS dan Meksiko. (Foto: AFP)
Area perbatasan AS dan Meksiko. (Foto: AFP)

Pentagon Kucurkan Rp14,1 T untuk Tembok Perbatasan

Internasional amerika serikat meksiko
Sonya Michaella • 26 Maret 2019 14:49
Washington: Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Pentagon memberikan izin pencairan dana sebesar USD1 miliar atau setara Rp14,1 triliun untuk membangun sebagian dari keseluruhan tembok di wilayah perbatasan AS dan Meksiko.
 
"Menteri Pertahanan Patrick Shanahan mengizinkan penggunaan dana untuk tembok perbatasan," sebut pernyataan dari Kemenhan AS, dikutip dari AFP, Selasa 26 Maret 2019.
 
Dana ini nantinya akan digunakan untuk mendukung perencanaan dan pengerjaan Kementerian Keamanan Dalam Negeri dan patroli perbatasan antara dua negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Trump Gunakan Veto Demi Dana Pembangunan Tembok
 
Menurut pernyataan Shanahan, langkah ini sesuai dengan undang-undang yang memberikan kewenangan untuk Pentagon membangun jalan, pagar dan memasang lampu untuk menghentikan penyelundupan narkoba.
 
Usai Pentagon merilis pernyataan tersebut, Shanahan langsung menghadap Kongres AS untuk menyerahkan dan menjelaskan isi kerangka anggaran tahunan kementeriannya.
 
Sebelumnya, Presiden Donald Trump telah menandatangani hak veto perdana dalam masa kepresidenannya untuk pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko tanpa persetujuan Kongres AS.
 
Veto dikeluarkan usai deklarasi Trump mengenai keadaan darurat di perbatasan dihalangi Kongres AS, bahkan oleh beberapa politikus dari Partai Republik. Berbicara di Gedung Putih, Trump mengaku "bangga" dapat menandatangani veto ini.
 
Dana yang diminta Trump untuk pembangunan tembok adalah USD5,7 miliar atau setara Rp80 triliun.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif