Menlu RI Retno Marsudi di DK PBB. (Foto: Dok. Kemlu RI)
Menlu RI Retno Marsudi di DK PBB. (Foto: Dok. Kemlu RI)

Polugri Indonesia Dukung Pemberdayaan Perempuan untuk Perdamaian

Internasional hari perempuan internasional dk pbb
Sonya Michaella • 25 Januari 2019 13:35
New York: Menjadi pembicara kunci di pertemuan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) dengan topik perempuan, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan bahwa politik luar negeri Indonesia memerhatikan pemberdayaan perempuan untuk perdamaian.
 
"Saya ingin melihat pemberdayaan perempuan di seluruh dunia untuk menjadi agen perdamaian, agen toleransi dan agen kesejahteraan," kata Menlu Retno, di Markas Besar PBB, Jumat 25 Januari 2019.
 
Menlu Retno juga menyampaikan rasa bangga bahwa dalam 15 tahun terakhir, sekitar 50 persen diplomat baru Indonesia merupakan perempuan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di tingkat nasional, peran perempuan dalam pemerintahan juga terus meningkat, dimana 25 persen menteri kabinet Indonesia adalah perempuan dan memegang posisi strategis.
 
"Sebagai Menlu perempuan, saya sangat suportif terhadap isu perempuan, oleh karena itu undangan untuk menjadi pembicara kunci langsung saya konfirmasi," lanjut dia.
 
Namun, menurut dia, peningkatan jumlah perempuan yang berhubungan dengan perdamaian dan keamanan belum merata.
 
Di beberapa belahan dunia, perempuan masih menghadapi tantangan besar, sebagai akibat dari terus berlangsungnya konflik, kekerasan dan ketidakstabilan kawasan.
 
"Perempuan memegang peranan penting di dalam pencegahan konflik, manajemen konfik, dan bina damai pasca konflik. Karenanya, masyarakat internasional perlu terus mendorong penguatan peran perempuan dalam penanganan perdamaian dan keamanan internasional," ungkapnya.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif