Presiden AS Donald Trump dalam keterangan di Gedung Putih, Washington, 4 Januari 2019. (Foto: AFP/SAUL LOEB)
Presiden AS Donald Trump dalam keterangan di Gedung Putih, Washington, 4 Januari 2019. (Foto: AFP/SAUL LOEB)

Trump Ingatkan Shutdown Dapat Berlangsung Selama Mungkin

Internasional amerika serikat donald trump
Arpan Rahman • 05 Januari 2019 11:10
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengingatkan bahwa shutdown atau penutupan sebagian lembaga pemerintah dapat berlangsung selama mungkin, bahkan hingga bertahun-tahun. Pernyataan disampaikan Trump untuk memaksa Kongres menghadirkan dana miliaran dolar untuk pembangunan tembok di perbatasan Meksiko.
 
"Ini adalah masalah keamanan nasional. Kita tidak main-main," ujar Trump, setelah sempat bertemu beberapa tokoh Partai Demokrat. Shutdown telah berlangsung selama dua pekan, di mana 25 persen pemerintahan berhenti beroperasi.
 
"Perbatasan selatan itu buruk dan berbahaya," lanjut dia, merujuk pada keimigrasian ilegal, penyelundupan narkotika dan perdagangan manusia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita harus segera membuat sebuah struktur," ungkap Trump, meminta Kongres menyetujui permohonan dana USD5,6 miliar untuk pembangunan "pembatas besar" yang terbuat dari beton dan besi.
 
Baca:Shutdown Pemerintahan AS Diprediksi hingga Awal 2019
 
Trump juga mengklaim beberapa presiden AS di masa lalu telah mengatakan kepada dirinya mengenai pembangunan tembok. Namun menurut catatan sejarah, semua presiden pendahulu Trump belum pernah secara terbuka mengungkapkan hal tersebut.
 
Menyebut situasi ini sebagai urusan "darurat nasional," Trump mengaku sedang mencari cara untuk membangun tembok tanpa persetujuan kongres. "Saya mungkin akan melakukannya. Saya bisa melakukan itu," tegas Trump, seperti dikutip dari kantor berita AFP, Sabtu 5 Januari 2019.
 
Chuck Schumer, pemimpin minoritas Senat, mengatakan bahwa Demokrat telah mendesak Trump untuk membuka kembali pemerintahan. Sejak shutdown pada 22 Desember, 800 ribu pegawai negeri dipulangkan atau bekerja tanpa dibayar.
 
Sejumlah pegawai terpantau berunjuk rasa di Maryland pada Jumat. Mereka mengaku ingin kembali bekerja. "Kami telah mengatakan kepada presiden bahwa pemerintahan perlu dibuka," kata Schumer. "Namun dia menolak. Dia bilang akan tetap menutup pemerintahan untuk waktu lama. Berbulan-bulan atau bertahun-tahun," tambah dia.
 
Saat ditanya mengenai ucapan Schumer, Trump berkata dirinya berharap shutdown "tidak berlanjut hingga beberapa hari ke depan."
 
"Saya akan melakukan apa yang harus kita lakukan. Jika kita harus menutup untuk waktu lama, maka kita akan melakukan itu," lanjutnya.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi