Tiongkok adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. (Foto: AFP/FRED DUFOUR)
Tiongkok adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. (Foto: AFP/FRED DUFOUR)

PBB: Populasi Bumi Capai 9,7 Miliar di Tahun 2050

Internasional pbb
Willy Haryono • 18 Juni 2019 11:34
New York: Populasi Bumi diyakini mencapai 9,7 miliar jiwa di tahun 2050, dari 7,7 miliar yang merupakan jumlah saat ini. Proyeksi jumlah disebutkan dalam sebuah laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Senin 17 Juni.
 
Masih dari laporan PBB berjudul "World Populations Prospects," jumlah populasi akan terus bertambah hingga mencapai 11 miliar pada 2100.
 
Dikutip media AFP, Studi oleh Departemen Ekonomi dan Urusan Sosial PBB mendeskripsikan gambaran di masa depan, dimana jumlah penduduk di beberapa negara akan meningkat seiring dengan bertambahnya tingkat harapan hidup. Sementara rata-rata pertumbuhan global menurun di tengah menurunya angka fertilitas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada 2050, lebih dari separuh pertumbuhan populasi dunia akan terkonsentrasi di sembilan negara: India, Nigeria, Pakistan, Republik Demokratik Kongo, Ethiopia, Tanzania, Indonesia, Mesir dan Amerika Serikat.
 
Sementara negara dengan jumlah terbanyak di dunia, Tiongkok, diproyeksikan mengalami penurunan populasi sebesar 2,2 persen, atau sekitar 31,4 juta antara tahun 2019 hingga 2050.
 
Total 27 negara atau wilayah diproyeksikan mengalami penurunan sedikitnya satu persen dalam jumlah populasi mereka sejak 2010. Hal tersebut diakibatkan rendahnya tingkat kelahiran.
 
Laporan PBB juga menyebutkan bahwa angka kematian melampaui kelahiran di Belarusia, Estonia, Jerman, Hongaria, Italia, Jepang, Rusia, Serbia dan Ukraina. Namun berkurangnya populasi itu akan tergantikan oleh gelombang imigran.
 
Secara keseluruhan, rata-rata tingkat fertilitas global, yang menurun dari 3,2 kelahiran per wanita di tahun 1990 menjadi 2,5 tahun ini, akan turun lebih jauh menjadi 2,2 pada 2050.
 
Proyeksi tersebut dekat dengan angka minimum 2,1 kelahiran untuk memastikan adanya pergantian generasi secara global. Laporan juga memproyeksikan meningkatnya tingkat harapan hidup secara umum, termasuk di beberapa negara miskin yang kini rata-rata mencapai tujuh tahun.
 
Tingkat harapan hidup rata-rata global diyakini turun ke 77,1 tahun pada 2050 dibanding 72,6 saat ini. Pada 1990, rata-rata tingkat harapan hidup global adalah 64,2 tahun.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif